Sudah Ratusan Ribu Kartu Debit Tidak Bergantung Pada Luar Negeri Lagi

Sudah Ratusan Ribu Kartu Debit Tidak Bergantung Pada Luar Negeri Lagi
info gambar utama

Hingga akhir Mei 2018, Bank Indonesia (BI) mencatat jumlah kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) sebanyak 937.000 kartu telah tercetak. Jumlah kartu debit GPN yang telah didistribusikan oleh pihak perbankan mencapai 497.000 kartu.

Kepala Departemen Elektronifikasi dan GPN BI Pungky P. Wibowo menjelaskan dengan menggunakan kartu berjenis ini, masyarakat akan dipermudah transaksi keuangannya.

BI menegaskan seluruh transaksi menggunakan kartu debit berlogo GPN diproses di dalam negeri (routing). artinya, hal ini Bank tidak bergantung pada pemrosesan di Luar negeri (VISA atau Mastercard).

Selain itu, biaya merchant discount rate (MDR) yang dibebankan kepada pihak ritel pun lebih murah. "Sebelumnya biaya transaksi bisa 2,6%-3%. Sekarang biaya transaksi menjadi 1%," kata Pungky saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta (12/7).

Disamping untuk penghematan dan efisiensi, cara ini juga dimaksudkan agar masyarakat Indonesia semakin aktif dan tertarik melakukan transaksi non tunai.

Baca : Setelah 20 Tahun, Transfer Antar Bank Tak Lagi Mahal Berkat Diluncurkannya Ini

Ia juga mengatakan BI menargetkan masyarakat dapat terdistribusi kartu berlogo GPN sebanyak 13,3 juta kartu hingga akhir tahun 2018. BI terus melakukan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai GPN sejauh ini.

"Semakin lama semakin banyak (distribusi kartu GPN). Mulai 31 Maret 2018, seluruh bank sudah menerbitkan kartu berlogo nasional. Di bulan itu kartu tercetak 491.000 dan terdistribusi sebanyak 252.000 kartu," tuturnya yang dikutip dari kontan.co.id

Sumber : Kontan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini