Karya Anak Bangsa Dibalik LRT

Karya Anak Bangsa Dibalik LRT

Foto : Liputan6.com/Nefri Inge

Sebagai Tuan Rumah Pesta Olahraga terbesar se-Asia, Asian Games 2018 yang akan dihelat pada 18 Agustus 2018 mendatang. Demi mendukung perhelatan akbar ini, Indonesia semakin gencar dalam pembangunan infrastruktur terutama pada moda tranportasi. Ini terbukti dengan hadirnya LRT (Light Rail Transit) yang akan mulai beroperasi di Jakarta dan Palembang.

Seperti yang dirilis pada laman jejaring sosial resmi milik Kementerian Perhubungan Republik Indonesia dengan tagar #KenalLRTSumSel, Kemenhub memperkenalkan sarana dan prasarana yang bisa digunakan pada saat kereta ini beroperasi di Palembang, Agustus mendatang.

Hal yang harus dibanggakan adalah LRT pertama di Indonesia ini merupakan karya anak bangsa. Mulai dari pembangungan prasarana, produksi rangkaian kereta, pengoperasian hingga sistem persinyalan menggunakan perusahaan yang berada di Indonesia.

Pembangungan Prasarana dilakukan oleh PT Waskita Karya. Perusahaan ini merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang konstruksi. Selain proyek LRT, Waskita Karya baru-baru ini juga dipercaya untuk membangun proyek tol Batang – Semarang.

Selanjutnya PT INKA dikontrak untuk memproduksi rangkaian kereta. LRT produksi INKA merupakan generasi terbaru dan lebih modern dibandingkan LRT yang sudah ada di negara-negara lain. PT INKA telah dikenal hingga mancanegara, terbukti dengan adanya permintaan dari Bangladesh, Filipina, hingga Zimbabwe. Ini membuktikan bahwa produk transportasi buatan Indonesia telah mendapatkan kepercayaan.

Dalam pengoperasian kereta api ringan ini, tentu saja PT Kereta Api Indonesia yang mendapat kepercayaan. PT KAI merupakan satu-satunya penyelenggara jasa angkutan jenis kereta di Indonesia saat ini. PT KAI sudah berumur 72 tahun semenjak mulai beroperasi.

Dan yang terakhir adalah PT Len Industri yang dipercaya untuk memegang sistem persinyalan yang akan digunakan untuk LRT. PT Len Industri merupakan perusahaan peralatan elektronik industri milik pemerintah Indonesia. PT Len yang didirikan pada tahun 1965 ini juga menyediakan produk-produk di bidang pertahanan, transportasi dan ICT (Information & Communication Technology).

Sangat membanggakan bukan? Dibalik Modern-nya LRT, ternyata produksi hingga penyelenggaraan prasarana dipercayakan kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia. Maju terus Indonesia!


Sumber:Liputan6.com, Wikipedia, Kemenhub

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Mengenal 6 Observatorium dan Planetarium yang Ada di Indonesia Sebelummnya

Mengenal 6 Observatorium dan Planetarium yang Ada di Indonesia

Tanaman Paku Selanjutnya

Tanaman Paku

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.