Kepulauan Selayar Resmi Menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata

Kepulauan Selayar Resmi Menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata
info gambar utama

Lagi dan lagi kabar terbaru datang dari dunia pariwisata. Tahun ini, kerja keras yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar di Sulawesi Selatan akhirnya berbuah manis. Kepulauan Selayar kini telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Hal tersebut jelas menjadi angin segar yang membahagiakan, mengingat usaha perintisan tersebut telah dimulai sejak dua tahun lalu. Tak hanya memiliki potensi pariwisata yang mempesona. Komitmen dari pemerintah daerah setempat dalam mendukung sektor penambang devisa, juga menjadi salah satu indikator kuat dalam pencanangan tersebut.

Kepulauan Selayar Terus Genjot Kehadiran Wisatawan (Sumber dok: Asn.id)
info gambar

Di sisi lain, melalui laman jejaring sosial resmi Kementerian Pariwisata Indonesia disebutkan pula bahwa pemerintah daerah harus sedia menyiapkan lahan dengan standar minimum yang dapat memfasilitasi secara total lokasi pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tersebut. Pada akhirnya dengan perjuangan panjang, Selayar pun dapat memenuhi standar yang ada.

Diketahui bahwa Pulau Selayar merupakan salah satu pulau yang terdapat di Provinsi Sulawesi Selatan dengan luas lahan sekitar 2000 km persegi. Di dalam pulau tersebut tersimpan berbagai macam ciri khas salah satunya ialah terdapat beraneka macem fauna endemik menarik seperti Tarsius Tarsier yakni hewan yang memiliki tubuh berwarna cokelat kemerahan dengan warna kulit kelabu yang dilengkapi dengan mata besar dan telinga yang menghadap ke depan.

Keistimewaan lain dari Pulau Selayar ialah hampir semua suku, etnik, agama, dan budaya yang ada di Sulawesi terhimpun di pulau tersebut. Seperti halnya Suku Makassar, Bugis, dan Mandar yang merupakan suku besar, yang juga mendiami hampir seluruh daratan pulau tersebut.

Dalam segi bahasa, bahasa yang digunakan di Pulau Selayar merupakan bahasa Selayar. Diketahui bahwa Bahasa Selayar merupakan gabungan dari bahasa Bugis, bahasa Makassar, juga bahasa Mandar.

Selamat, Tahun Ini Selayar Berstatus KEK Pariwisata . JAKARTA — Kerja keras Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Selayar untuk meyakinkan pemerintah pusat agar menetapkan status Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, membuahkan hasil. . Upaya yang dirintis sejak dua tahun lalu itu, memang tak mudah. Tak hanya potensi pariwisata yang harus dimiliki. Komitmen kuat pemerintah daerah dalam mendukung sektor penambang devisa, juga menjadi salah satu indikator. . “Dan yang paling utama pemda harus menyiapkan lahan dengan standar minimum dari kami sebagai lokasi seluruh fasilitas pendukung KEK. Selayar mampu memenuhinya dan tahun ini status tersebut sudah bisa diberikan,” jelas Menteri Pariwisata, Arief Yahya usai Launching Calendar of Event Sulawesi Selatan 2018 di Jakarta, Kamis, 12 Juli. . Selengkapnya pada Bio profile Instagram @kemenpar . . Kunjungi Website resmi kami di www.kemenpar.go.id #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #GenPi #GenWi #Indonesia

A post shared by Kementerian Pariwisata (@kemenpar) on

Turut senang dengan status baru dari Kepulauan Selayar tersebut. Semoga dengan demikian, pariwisata Indonesia dapat kian maju dan berkembang.

Bangga Pariwisata Indonesia!


Sumber: Kementerian Pariwisata

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini