Progres KA Trans Sulawesi : Perlahan Tapi Pasti

Progres KA Trans Sulawesi : Perlahan Tapi Pasti

MPRJ | Foto : Www.matisa.ch

Tahun ini merupakan tahun yang progresif bagi Indonesia, terutama didalam pembangunan infrastruktur. Terbukti dengan peresmian beberapa Tol yang sudah ada didaerah Pulau Jawa. Tetapi pembangunan ini tidak hanya berpusat di Pulau Jawa saja.

Selain Tol, Indonesia juga melakukan pembangunan infrastruktur di moda transportasi salah satunya, Kereta Api. Adalah kereta Trans Sulawesi yang masih didalam proses pembangunan. Kereta ini diharapkan nantinya akan menghubungkan seluruh pulau Sulawesi. Sampai saat ini, pembangunan masih terpusat pada proyek Jalur KA Makassar – Parepare.

Informasi terbaru yang dilansir dari re-digest.web.id, sarana perkeretaapian untuk proyek Trans Sulawesi mengalami progres. Berdasarkan data dari kppip.go.id, untuk bulan Mei 2018 kemajuan konstruksi jalur KA sepanjang 47,65 km telah mencapai 79%.

Mesin Perbaikan Jalan Rel (MPJR) tiba sebanyak 2 unit. Kedua MPJR ini tiba di Jakarta berbarengan dengan kedatangan 3 set LRV untuk LRT Jakarta pada 9 Juni lalu. Lalu kemudian MPJR ini dikirim ke Makassar. Sebelum MPJR ini datang, Makassar sudah terlebih dahulu kedatangan sarana perkeretaapian yang lain yaitu, kereta inspeksi dari INKA dan kereta penolong dari Aceh.

MPJR yang datang sebanyak 2 unit ini berseri B 66 UC berjenis universal tamping machine buatan pabrikan Swiss, Matisa. Seperti yang terdapat di web resmi Matisa, MPJR seri ini memiliki beberapa keunggulan. Adapun keunggulannya, mesin ini dapat digunakan untuk memecok balas di persimpangan jalur ataupun di wesel. Dilengkapi dengan pengangkat rel, proses pemecokan dapat dilakukan secara merata bahkan sampai di bagian bawah rel. Mesin ini juga dilengkapi dengan sensor yang membuat pekerjaan menjadi lebih akurat. Selain itu, MPJR ini juga sangat praktis. Hanya diperlukan 2 orang kru saja untuk melakukan sekali pekerjaan.

Rencananya MPJR ini akan dioperasikan untuk membantu pembangunan Jalur KA Trans Sulawesi dan digunakan untuk perbaikan jalan rel setelah jalur ini beroperasi. Semoga dengan kedatangan sarana perkeretaapian ini seluruh pulau dapat dihubungkan dan pembangunan dalam semua aspek bisa dirasakan merata oleh masyarakat Sulawesi.


Sumber: re-digest.web.id, kppip.go.id

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Jakabaring Sport City Sering Menjadi Tuan Rumah Event Ternama Sebelummnya

Jakabaring Sport City Sering Menjadi Tuan Rumah Event Ternama

Tanaman Paku Selanjutnya

Tanaman Paku

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.