Selain Pie Susu, ini 5 Cemilan Khas Bali yang Wajib Kamu Cicipi!

Selain Pie Susu, ini 5 Cemilan Khas Bali yang Wajib Kamu Cicipi!
info gambar utama

Bali gak hanya terkenal dengan budaya dan keindahan alamnya doang, lho. Banyak banget kuliner khas Bali yang siap menggoyang lidahmu! Biasanya sehabis liburan dari Bali, oleh-oleh apa yang sering kamu bawa? Pie susu? Pia legong? Ah, itu semua sudah biasa! Oke, sebelum membahas tentang cemilan khas Bali yang wajib kamu cicipi, biasanya kamu kalau ke Bali lebih sering terbang dengan maskapai apa sih? Citilink? Sama dong! Maskapainya kece dan harganya murah. Cakep! Udah pesen tiket pesawat Citilink untuk ke Bali? Pesan dulu gih, semabari baca artikel ini!

Rujak Bulung

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Suka pedas? Harus cobain kudapan khas Bali yang satu ini, nih. Rujak Bulung atau bahasa kerennya salad merupakan cemilan asli Bali yang memiliki cita rasa khas dan berbeda dari rujak pada umumnya. Bulung artinya rumput laut dan sesuai dengan namanya, rujak bulung ialah rujak rumput laut dengan kuah kaldu ikan atau kuah pindang, garam, cabai, terasi, kencur ditambah kelapa parut yang sudah dibakar. Rasa segar dan pedas ini sangat pas disantap sehabis menikmati panasnya Pantai Kuta. Cocok banget! Sangat recommended untuk kamu coba saat kamu punya tiket pesawat Citilink dan mau berkunjung ke Bali!

Bagiak

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Bagiak? Sendal kayu yang suka ada di masjid? Bukaaannn!! Itu mah bakiak. Bagiak adalah salah satu oleh-oleh khas Bali yang terbuat dari tepung sagu yang dipanggang. Teksturnya manis dan renyah, enak banghet kalau disantap sambil menyeruput secangkir teh panas di sore hari. Hampir di semua toko oleh-oleh khas Bali menjual bagiak, jadi jangan khawatir!

Jaje Laklak

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Jaje laklak memiliki bentuk seperti kue lumpur, ada juga yang bilang mirip serabi Solo. Jajanan ini terbuat dari tepung sagu, tepung beras dan santan. Warnanya yang hijau karena penggunaan daun suji dan daun pandan di dalam pembuatan jaje laklak. Hidangan ini diisajikan dengan kelapa parut kasar atau saus gula merah yang dimasak bersama buah nangka. Wuuuuhhhh! Sedaapppp~ gak perlu jauh-jauh beli tiket pesawat Citilink ke Bali untuk menikmati jajanan ini. kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, gampang, kok!

Jaje Pisang Rai

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Hidangan pisang ini paling pas jika disantap dengan secangkir kopi atau teh manis hangat. Eh, tapi, jaje pisang rai ini apa, sih? Jaje pisang rai ini adalah makanan khas Bali yang terbuat dari pisang tanduk yang dibalurkan parutan kelapa dan adonan tepung beras. Cara memasaknya gampang banget, masukkan pisang ke dalam adonan yang sudah disiapkan lalu cemplungin ke dalam panci yang sudah terisi air mendidih. Jika pisangnya sudah mengapung, baru kamu angkat dan tiriskan.

Jaje Batun Bedil

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Daritadi ada sebutan “Jaje” terus, ya? itu karena “jaja/jaje” adalah bahasa Bali yang berarti “kue”. Nah, Jaje Batun Bedil adalah makanan yang berbahan dasar tepung ketan dan tepung tapioka. Adonan tepung tersebut dibentuk bulat kecil kemudian direbus hingga matang. Setelah matang, biasanya jaje batun bedil ini disiram dengan gula merah dan ditambahkan parutan kelapa. Kalau sekilas, jaje batun bedil ini mirip dengan bubur candil. Cocok banget sebagai takjil berbuka puasa! Hidangan ini bisa kamu jumpai di pasar-pasar tradisional Bali, lumayan sekalian shopping belanja oleh-oleh.

Ih, lap dulu, tuh! Sampe ngiler gitu, pengin, ya? lamgsung aja rencanakan liburanmu dan beli tiket pesawat Citilink ke Bali. Cemilannya enak-enak, lho... Yakin gak mau nyoba? Hehehe...


Sumber: blog misteraladin.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini