Yogyakarta Jadi Tujuan Pertama Obor Asian Games di Indonesia

Yogyakarta Jadi Tujuan Pertama Obor Asian Games di Indonesia

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna membawa Api Asian Games 2018 didampingi Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Duta Asian Games 2018 Susi Susanti © istimewa

Api obor Asian Games 2018 tiba di Tanah Air. Yogyakarta menjadi persinggahan pertamanya, Selasa (17/7). Nantinya, ada 53 kota/kabupaten dari 18 provinsi yang akan didatangi. Sejumlah destinasi wisata di Indonesia pun akan disapa.

Api Asian Games 2018 diterbangkan dari New Delhi, India, menggunakan pesawat Boeing 737 milik TNI Angkatan Udara. Perjalanan ditempuh selama 11 jam. Perjalanan ini mendapatkan pengawalan dari pesawat tempur T50i. Rombongan pembawa api Asian Games mendarat di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Selasa pagi, sekitar pukul 08.00 WIB.

“Saya senang bisa membawa api Asian Games 2018 ini. Hal ini menjadi pengalaman luar biasa. Sejauh ini berjalan cukup lancar, meski sempat terkendala regulasi di bandara India. Namun, semua selesai dengan baik,” ungkap Duta Asian Games 2018 Susi Susanti.

Susi lalu menyerahkan api obor Asian Games kepada Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Yuyu Sutisna. Ia didampingi Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Ketua Inasgoc Erick Thohir.

Kedatangan obor Asian Games mendapat ceremony meriah. Ada sajian tari tradisional hingga aksi pasukan Keraton Yogyakarta. Ada juga pertunjukan barongsai dari TNI Angkatan Udara. Adrenalin semakin naik dengan aksi paramotor dari Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI). “Saya tentu berharap, api Asian Games ini menjadi simbol persahabatan Indonesia dan India,” jelas Susi Susanti.

Usai serah terima, api obor Asian Games 2018 dibawa menuju Museum Dirgantara Yogyakarta. Iring-iringan ini disambut meriah masyarakat. Mereka membaur bersama siswa-siswi Sekolah Akademi Militer TNI Angkatan Udara. Tidak sedikit yang sibuk mengabadikan momentum melalui kamera handphone.

Setelah diinapkan semalam, api Asian Games dari India ini akan dipadukan dengan api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. “Penggabungan api dari India ini dengan api abadi Mrapen tentu menarik. Hal semakin menegaskan harmonisasi Indonesia dan India di berbagai lini,” tutur Susi lagi.

Setelah Yogyakarta, api obor Asian Games akan melewati daerah indah lainnya di Indonesia. Seperti Bali, Bukit Tinggi (Sumbar), Danau Toba (Sumut), Banyuwangi (Jatim), Solo, Bandung, Palembang, Mataram, bahkan hingga Raja Ampat (Papua Barat).

Berbagai treatment juga diberikan bagi api obor Asian Games terebut. Mulai dari dibawa menyelam, terjun payung, berkuda, dan lainnya. (fk)

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang50%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Kembali Berkontribusi Pada Negeri, Diaspora Indonesia dari Amerika Latih Guru di Papua Sebelummnya

Kembali Berkontribusi Pada Negeri, Diaspora Indonesia dari Amerika Latih Guru di Papua

Penulis Perempuan Indonesia Yang Kuat Harus Belajar dari Penulis Perempuan Masa Lalu dan Sekarang Selanjutnya

Penulis Perempuan Indonesia Yang Kuat Harus Belajar dari Penulis Perempuan Masa Lalu dan Sekarang

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.