Akses Menuju Penginapan Terbaik di Dunia Tengah Diperbaiki

Akses Menuju Penginapan Terbaik di Dunia Tengah Diperbaiki
info gambar utama

Pembangunan jalan di Sumba terus dilakukan pemerintah. Pemerintah pusat tengah membangun jalan hot mix menuju wisata andalan di Sumba Barat Daya dan Sumba Barat.

Di Kabupaten Sumba Barat sedang berlangsung pengerjaan jalan menuju penginapan terbaik di dunia, Hotel Nihiwatu. Panjang jalan yang dibangun sepanjang 5,6 kilometer. Terbagi menjadi dua segmen. Segmen satu sepanjang 476 meter dan segmen dua sepanjang 5,1 kilometer.

Jalan senilai Rp. 23,8 miliar tersebut dikerjakan oleh PT Adisti Indah. Dengan lama pengerjaan 242 hari kalender.

Sedangkan di Kabupaten Sumba Barat Daya, jalan sepanjang 15 kilometer dibangun melintasi danau Wekuri. Danau Wekuri merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di Kecamatan Kodi Utara. Pembangunan jalan ini merupakan kelanjutan dari proyek yang dikerjakan pada tahun 2012, 2013, dan 2016.

Pada tahap sebelumnya telah dibangun secara bertahap Jalan Ketewel – Waikelo sepanjang 23 Kilometer. Dari total panjang yang direncanakan, telah terealisasi jalan sepanjang 15,73 kilometer. Jalan yang telah rampung siap untuk dioperasikan. Sedangkan sepanjang 7,27 kilometer masih belum ditangani.

Jalan dengan nilai kontrak sebesar Rp. 72,2 miliar dengan kontraktor pelaksana PT Bumi Indah. Bertugas menjadi konsultan pengawas yakni PT Parama Karya Mandiri. Pejabat terkait yang menjadi Pejabat Pembuat Komtimen atau PPK mengatakan bahwa proyek tersebut akan selesai pada 270 hari kalender kerja .

Selain jalan Ketewel – Waikelo, infrastruktur lain yang juga tengah dikerjakan adalah Jalan Waikelo – Keroso. Sepanjang 25,3 kilometer jalan telah ditangani oleh kontraktor terkait.

Pembangunan jalan yang terus dilakukan ini sebagai bentuk upaya pemerintah dalam mengenalkan potensi wisata yang daerah. Dengan perbaikan yang telah ataupun sedang berlangsung diharapkan mempermudah akses menuju obyek wisata. Sehingga menarik minat wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara untuk berkunjung. Kunjungan yang semakin meningkat akan ikut mensejahterakan masyarakat sekitar wisata.

Bukan hanya Sumba yang berbenah. NTT tengah membangun infrastruktur untuk menunjang potensi wisata yang ada. Marius selaku Kepala Dinas Pariwisata NTT mengharapkan pembangunan semacam ini bagi destinasi wisata lainnya yang ada di NTT. “Pariwisata di NTT saat ini berkembang sangat pesat dan pertumbuhan sedang meningkat, karena itu harus didukung infrastruktur jalan yang baik”, ucapnya kepada kompas.com.


Sumber: kompas.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini