Andalkan Kopi Lokal, Kafe Djournal Coffee Siap Ekspansi ke Luar Negeri

Andalkan Kopi Lokal, Kafe Djournal Coffee Siap Ekspansi ke Luar Negeri
info gambar utama

Djournal Coffee menyiapkan langkah ekspansi besar-besaran setelah outlet di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta menjadi pemenang regional Asia Pasifik dalam kategori Airport Coffee, Tea, Non-Alcoholic Beverage Shop of the Year di ajang FAB Awards 2018.

"Dalam waktu dekat Djournal Coffee Akan membuka outlet ke-14 di Pakuan Mal, dan beberapa outlet lagi pada 2018 ini," ujar Brand Manager Djournal Coffee, Sarah Merci, menjawab pertanyaan Tempo di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa 17 Juli 2018.

Selain itu, kata Sarah, di kedai kopi lokal ini berencana membuka gerai baru di sejumlah bandara di luar negeri. Sejak berdiri pertama kali pada 2013 di Grand Indonesia, Djournal Coffee kini sudah memiliki 13 outlet yang tersebar di Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali. Gerai di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta adalah yang ke-13.

Suasana Djournal Coffee di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Kedai kopi ini meraih penghargaan se Asia Pasifik dalam kategori Airport Coffee, Tea, Non Alcholic Beverage Shop Of The Year di ajang FABI Awards 2018. Foto: TEMPO/JONIANSYAH
info gambar

Sarah mengakui sebagai pendatang baru, Djournal Coffee harus bersaing dengan usaha sejenis dengan pangsa pasar yang hampir sama. "Untuk itu kami mengambil menjadikan misi kopi nusantara sebagai minuman keseharian," katanya.

Saat ini aneka kopi lokal yang disajikan sebagai menu andalan kedai kopi tersebut dari Toraja, Mandailing, Papua dan Bali, Arabica Aceh dan Jawa. "Dan yang paling favorit adalah kopi Papua," kata Sarah.

Seperti yang dilaporkan Reuters, penjualan biji kopi lokal meningkat hampir 100% setiap tahunnya untuk konsumsi domestik. Hal ini disebabkan oleh semakin maraknya anak muda yang mengadopsi kebiasaan meminum kopi sebagai kebutuhan sehari-hari seperti orang Eropa atau Amerika, yang merupakan pengimpor terbesar kopi Indonesia.

Djournal Coffee meraih penghargaan dari Moodie Davitt Report, media publikasi digital ternama yang fokus kepada sektor travel retail di industri penerbangan.

Kopi arabika di perkebunan kopi Pangalengan, Jawa Barat, Indonesia (9 Mei 2018). Foto: Darren Whiteside, Reuters
info gambar

Penghargaan tersebut didapatkan melalui penilaian yang dilakukan oleh para dewan juri ahli dari tujuh kriteria, yaitu Overview, Innovation, Performance, Sustainability for the Travel Channel, Quality, Service dan Recognition diantara 250 saingan lainnya.

"Keunggulan dari Djournal Coffee sehingga menjadi pemenang karena memakai biji lokal Indonesia," kata CEO HMSHost International, Walter Seib.

HMSHost International LM adalah induk dari HMSHost Indonesia, perusahaan yang menaungi Djournal Coffee di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Djournal Coffee berada di area boarding lounge. Posisinya yang berada ditengah ruang tunggu memudahkan para penumpang yang menjangkaunya.


Sumber: Tempo.co

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini