Banyuwangi Ethno Carnival, Parade Budaya yang Padukan Unsur Tradisional-Modern

Banyuwangi Ethno Carnival, Parade Budaya yang Padukan Unsur Tradisional-Modern

Festival Banyuwangi Ethno Carnival © Banyuwangikab.go.id

Tajuk festival seni dan budaya kembali digelar. Kali ini Banyuwangi, kota di pucuk timur pulau Jawa menghelat Banyuwangi Ethno Carnival yang akan diselenggarakan pada 28-29 Juli 2018 mendatang.

Disebut bahwa Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2018 akan tampil lebih segar dengan aneka inovasi terkini. Bahkan deretan tema busana yang diusung akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. BEC pun tetap akan menyajikan kekayaan tradisi dan budaya lokal, khususnya seni budaya Banyuwangi.

Nantinya, agenda yang juga telah ditetapkan sebagai salah satu Top 10 Calender of Event 2018 Kementerian Pariwisata akan dipusatkan di Taman Blambangan, Banyuwangi Jawa Timur.

Parade Busana Banyuwangi Ethno Carnival
Parade Busana Banyuwangi Ethno Carnival | Sumber dok: Nusantara RMOL

Dilansir melalui CNN Indonesia, Menteri Pariwisata menyambut baik atas terlaksananya kegiatan BEC 2018. Menurut Menteri Pariwisata, BEC 2018 merupakan salah satu kekayaan parade karnaval yang dimiliki Indonesia. Lebih lagi, Banyuwangi Ethno Carnival merupakan perhelatan yang telah digelar sedari tahun 2011. Artinya, agenda tersebut kini sudah menjadi ajang yang ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan khususnya wisatawan.

“Kreasi kostum karnaval Indonesia memang bagus-bagus. Dari Jember Carnival, Banyuwangi Ethno Carnival, Malang Carnival, Batik Solo Carnival, nama-namanya sudah mendunia. Jadi persiapannya harus sungguh-sungguh. Tinggal mengemasnya saja, fasilitasnya pun harus berstandar dunia, tidak lagi terkotak-kotak oleh birokrasi yang sempit,” tutur Menteri Pariwisata.

Banyuwangi Ethno Carnival 2017 dengan Tema Majestic Ijen | Sumber dok: Trans Banyuwangi
Banyuwangi Ethno Carnival 2017 dengan Tema Majestic Ijen | Sumber dok: Trans Banyuwangi

Lebih lagi, penyelenggaraan banyuwangi Ethno Carnival 2018 sudah pasti berstandar nasional. Sebab ajang ini telah didampingi oleh para kurator handal. Seniman asli Banyuwangi pun turut ambil bagian dalam perhelatan tersebut. Apalagi BEC merupakan salah satu parade perayaan yang tidak hanya menghadirkan wisata lokal, melainkan juga wisatawan mancanegara dengan pertunjukan budaya yang fantastis.

Wah pastinya kawan GNFI turut penasaran dengan hingar bingar perayaan BEC 2018 kali ini ya. Coba saja datang dan berkunjung ke Banyuwangi di tanggal 28-29 Juli 2018 untuk menyaksikan pagelaran BEC yang mempesona.

Kunungi Banyuwangi, Anda Pasti Kembali. Bangga Pariwisata Indonesia!


Sumber: CNN Indonesia

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang50%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi50%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Andalkan Kopi Lokal, Kafe Djournal Coffee Siap Ekspansi ke Luar Negeri Sebelummnya

Andalkan Kopi Lokal, Kafe Djournal Coffee Siap Ekspansi ke Luar Negeri

Menyambut Kembali Maskot Ibu Kota yang Sempat Hilang Selanjutnya

Menyambut Kembali Maskot Ibu Kota yang Sempat Hilang

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.