Festival Pesona Lipuku Angkat Kepulauan Togean Dengan Keindahan Lautnya!

Festival Pesona Lipuku Angkat Kepulauan Togean Dengan Keindahan Lautnya!

Photo by Johnny Chen on Unsplash

Festival Pesona Lipuku tahun ini akan kembali digelar pada tanggal 6-12 Agustus 2018 di Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah.

Kepulauan Togean ini terletak di kawasan Teluk Tomini, Sulawesi Tengah, ini sudah lama dikenal sebagai sebuah destinasi wisata yang memiliki bentang alam molek, termasuk panorama bawah laut yang memesona.

Festival Pesona Lipuku ini masuk Top 100 Wonderful Indonesia Event dan merupakan wujud dukungan pemerintah pusat dalam mempromosikan Togean ke seluruh dunia.

Dikutip dari Tempo, Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah, I Nyoman Sariadijaya, mengatakan Menteri Pariwisata meresmikan masuknya Festival Pesona Lipuku dalam kalender pariwisata nasional Kemenpar bersama Festival Pesona Palu Nomoni (Kota Palu) dan Tour de Central Selebes (TdCC).

Festival Pesona Lipuku akan menghadirkan, dikutip Festival Indonesia, beraneka atraksi dan kegiatan, antara lain pertunjukan tari-tarian dan beladiri tradisional, festival kuliner lokal (masakan dengan bahan utama ikan, udang, tiram dan kepiting), foto keindahan laut dan bawah laut Kepulauan Togean, tur sepeda dan lainnya. Ada pula perlombaan-perlombaan menarik seperti lomba perahu dan lomba tarik tambang di atas perahu.

Kepulauan Togean merupakan obyek wisata unggulan di Sulawesi Tengah dengan didatangi banyak wisatawan mancanegara untuk melihat keindahan bawah lautnya. Tempat ini memiliki terumbu karang di tempat ini sangat sehat dan alami.

Kepulauan ini dikenal dengan pasir putih dan laut yang bersih. Di tahun 2004, Kepulauan Togean ditetapkan oleh pemerintah sebagai taman nasional laut oleh pemerintah.

Banyak juga kelebihan kepulauan ini salah satunya, dikutip dari Antara, adanya 33 jenis mangrove. Tanaman rindang yang merupakan sumber makanan utama hewan dugong.


Sumber: Tempo, Antara News, Festival Indonesia

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang33%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi33%
Pilih TerpukauTerpukau33%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Infrastruktur di Kabupaten Indragiri Hilir Sebelummnya

Infrastruktur di Kabupaten Indragiri Hilir

Bukber Minim Sampah dan Puasa Plastik Isi Ramadhan di Bali Selanjutnya

Bukber Minim Sampah dan Puasa Plastik Isi Ramadhan di Bali

0 Komentar

Beri Komentar