[FOTO] Wajah Baru, Kawasan Kali Besar Kota Tua Makin 'Instagrammable'

[FOTO] Wajah Baru, Kawasan Kali Besar Kota Tua Makin 'Instagrammable'
info gambar utama

Revitalisasi Kota Tua adalah salah satu agenda pemerintah provinsi DKI Jakarta saat ini. Hasilnya, sedikit demi sedikit sudah terlihat, salah satunya adalah Kali Besar yang kini makin cantik.

Dilaporkan Viva,setelah dilakukan pemugaran sejak 2016 silam, akhirnya "wajah baru" Kali Besar ini telah diresmikan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, pekan lalu.

Kali Besar Kota Tua. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
info gambar

Salah satu yang menarik adalah taman terapung di atas kali ini. Pijakan berwarna abu-abu ini juga ditanami pohon tepat di tengahnya. Tidak hanya itu, area rekreasi publik itu juga dihiasi dengan berbagai macam bunga yang mempercantik area tersebut, baik di sisi kanan maupun sisi kiri sungai.

Antaramelaporkan, desain dermaga terapung ini mirip dengan Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan, yang juga sering menjadi lokasi syuting video klip para artis K-Pop.

Lain ceritanya dengan ulasan Kompas. Karena jalur pedestiran yang berukuran lebar dan beralaskan batu andesit serta bangunan-bangunan berasitektur kuno di sepanjang sisi sungai, Kompas meyebutkan suasana Kali Besar mirip dengan suasana di perkotaan Eropa.

Wisatawan berfoto di kawasan pejalan kaki Kali Besar, Kota Tua, Jakarta, Rabu (11/7). Foto: Liputan6.com
info gambar

Di sepanjang area pejalan kaki, terdapat patung berbagai macam figur, mulai dari anak sekolah, petugas kebersihan, hingga bapak yang sedang membaca buku di bangku. Area ini juga dilengkapi dengan fasilitas parkir kendaraan yang didukung dengan aplikasi parkir.

Demi menjaga lingkungan tetap bersih, terdapat pula tempat sampah yang diletakkan di sela tempat duduk, untuk sampah B3, organik, dan anorganik.

Kali Besar Kota Tua. Foto: Viva.co.id/Purna Karyanto
info gambar

Kali Besar berada tepat di belakang kawasan Museum Fatahilah, dan dikelilingi oleh gedung-gedung tua yang penuh histori. Salah satunya adalah Toko Merah yang sudah dibangun sejak 1870-an, dan salah satu bangunan tertua di kota Jakarta. Selain itu, masih banyak bangunan dengan desain klasik, seperti Museum Wayang.

Untuk mencapai Kali Besar, Anda cukup berjalan kaki dari alun-alun Fatahillah yaang menjadi pusat kawasan Kota Tua. Bagi pengguna bus transjakarta, halte Kali Bear Barat berdiri tepat di depan pintu kawasan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini