Ladang Uang di Tanah Gersang

Ladang Uang di Tanah Gersang
info gambar utama



Tidak ada orang yang mengelak bahwa kekayaan hayati Indonesia sangat berpotensi untuk terus dikembangkan, bahkan beberapa di antaranya memiliki nilai ekonomi tinggi, namun begitu kita harus tetap menjaga kelestariannya, bukan justru mengeksploitasinya dengan tidak bertanggungjawab. Di sisi lain, saat ini pilihan investasi yang kita ketahui tidak jauh dari saham, obligasi, property, dan juga emas. Namun ada hal menarik di Kecamatan Masbagik, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), dalam warganya mengembangkan kekayaan alam Indonesia sekaligus berinvestasi, yaitu investasi pohon gaharu. Kegiatan ini digerakkan oleh seorang pria bernama Maharani.

Alasan pria kelahiran Praya, 16 Agustus 1980, ini mengembangkan pohon gaharu dilandasi kondisi lingkungan di NTB yang kering dan masyarakatnya yang kekurangan dari segi ekonomi. Maharani ingin menggali potensi di kawasan hutan sekitar melalui penanaman pohon untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk di desa yang sebagian besar penduduknya adalah petani dan peternak ini. “Saya juga berharap Desa saya dapat menjadi destinasi wisata agro,” tutur Maharani.

Apa yang membuat gaharu memiliki nilai ekonomi tinggi? Kandungan gubal atau lapisan kayu hitam pada pohon gaharu dapat dijual dengan harga yang mencapai Rp 500 juta per kilogram! Harga gubal dapat menyamai harga emas karena pasokannya yang masih sangat terbatas dibandingkan dengan kebutuhannya.

Pohon gaharu (Gyrinops versteegii) merupakan pohon yang selama ini tumbuh liar di hutan NTB. Jenis tanaman ini bisa tumbuh hingga puluhan meter dengan diameter rata-rata 40 hingga 60 cm, ketika diolah biasanya kayu gaharu ini digunakan untuk pewangi/parfum.
Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2014 dari PT Astra International Tbk ini rela melepas kenyamanannya menjadi pegawai negeri sipilnya pada 2009, demi membantu dan mendorong masyarakat NTB untuk menanam gaharu. “Tantangan yang saya hadapi adalah mengubah pola pikir masyarakat,” ucapnya.
……
Ingin menjadi bagian dari perubahan seperti Maharani?

Daftarkan dirimu atau sosok inspiratif yang kamu tahu dalam SATU Indonesia Awards 2018. Informasi lebih lanjut silahkan klik bit.ly/Komunitas-SIA2018
Ekspresikan kaya terbaikmu, jadikan inspirasi anak bangsa! Karena #KitaSATUIndonesia.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini