Olahraga Asli Indonesia Menjadi Cabang Lomba di Asian Games 2018

Olahraga Asli Indonesia Menjadi Cabang Lomba di Asian Games 2018

Foto : Asian Games 2018

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Indonesia terkenal dengan budaya yang beragam dan pariwisatanya yang indah. Selain itu, Indonesia juga memiliki olahraga dan permainan tradisional yang tidak kalah terkenalnya. Saking terkenalnya, 2 cabang olahraga/permainan tradisional ini menjadi cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018, Agustus nanti.

Pencak Silat

Menurut website resmi dari Asian Games 2018, pencak silat merupakan cabang olahraga beladiri tertua. Bela diri ini telah tersebar di Indonesia sejak abad ke-7 Masehi. Akan tetapi, sampai sekarang masih belum ada yang bisa memastikan kapan dan bagaimana pencak silat ini dimulai.

Olahraga bela diri yang menonjolkan keindahan gerakan ini diharapkan menjadi lumbung emas pada Asian Games mendatang. Pasalnya, olahraga yang memang “sangat Indonesia” ini akan menurunkan 22 atlet terbaiknya. Para atlet ini rencananya akan bertanding di 16 dari 22 nomor pertandingan yang ada.

Mengutip dari Tempo, Rony Syaifulloh selaku pelatih kepala timnas cabang pencak silat ini, dengan seluruh persiapan yang ada dia optimis Indonesia akan mendapatkan juara umum. Dia juga menambahkan kesiapan atlet sudah 80%, hanya tinggal beradaptasi dengan lokasi pertandingan dan persiapan mental.

Sepak Takraw

Selain pencak silat, permainan tradisional ini juga akan masuk menjadi salah satu cabang lomba pada Asian Games 2018. Meskipun diakui oleh banyak negara, Indonesia bisa dibilang menjadi salah satu negara yang melahirkan permainan ini. Awalnya, sepak takraw memiliki nama sepak raga. Permainan ini dahulu dimainkan oleh para bangsawan Melayu.

Dilansir dari koni.or.id, Wakil I Ketua Umum KONI Pusat, Suwarno mengatakan bahwa awalnya sepak takraw tidak termasuk didalam cabang olahraga yang dipertandingkan pada Asian Games 2018. Hal ini dikarenakan sepak takraw bukan termasuk cabang olahraga olimpiade.

Untuk persiapan atlet, dikutip dari Viva.co.id, Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PSTI) Sofyan Hanif, sepak takraw telah melakukan pelatnas Januari lalu. Pihaknya juga memanggil atlet terbaik dari berbagai provinsi untuk ikut seleksi nasional. Sampai saat ini, penyeleksian masih dilakukan dan diharapkan secepatnya tim akan terbentuk.

Sumber: Viva.co.id, koni.or.id, Tempo, asiangames2018.id

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih5%
Pilih SenangSenang25%
Pilih Tak PeduliTak Peduli5%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi5%
Pilih TerpukauTerpukau10%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Penerapan Animasi Jepang Secara Positif oleh Anak Muda Indonesia Sebelummnya

Penerapan Animasi Jepang Secara Positif oleh Anak Muda Indonesia

Cinta K’tut Tantri, Gadis Asing Berdarah Viking yang Berjuang Untuk Indonesia Selanjutnya

Cinta K’tut Tantri, Gadis Asing Berdarah Viking yang Berjuang Untuk Indonesia

Rudi Sandjaya
@rudisandjaya

Rudi Sandjaya

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.