Presiden Jokowi Bertemu Wakil Perdana Menteri Singapura, Bahas Apa?

Presiden Jokowi Bertemu Wakil Perdana Menteri Singapura, Bahas Apa?
info gambar utama

Presiden Joko Widodo menerima Deputi Perdana Menteri Singapura Teo Chee Hean di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (19/7/2018) sore. Pertemuan berlangsung tertutup.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang ikut dalam pertemuan mengungkapkan, kedatangan Teo adalah untuk membahas annual retreat antara Presiden Jokowi dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong yang rencananya diselenggarakan pada 11 Oktober 2018 di Bali.

"Adapun, beberapa hal yang dibahas, antara lain, karena setiap tahun kita melakukan annual retreat, akan dilihat perkembangannya sampai di mana," ujar Retno di Istana Presiden, Jakarta.

"Misalnya mengenai bilateral investment agreement, sampai mana negosiasi," kata dia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat ditemui seusai Rapat Kerja dengan Komisi I DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (31/5/2018). Foto: KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO

info gambar

Bilateral investment agreement Indonesia dengan Singapura sendiri sudah empat kali tahapan negosiasi. Retno berharap, negosiasi itu berakhir pada Juli 2018 ini. Dengan demikian, ketika Presiden Jokowi dan PM Lee bertemu, kedua negara sudah memiliki kerangka kerja sama yang rigid.

Selain mengenai persiapan Leader's Retreat, Jokowi dan Teo Chee Hean membahas kerja sama sejumlah proyek besar antara Indonesia-Singapura. Misalnya mengenai kerja sama proyek Kendal Industrial Park. Dalam proyek tersebut, terdapat kemajuan yang sangat berarti yakni didirikannya politeknik industri kayu.

"Tadi kita juga saling menukar data sudah berapa perusahaan yang beroperasi di Kendal Industrial Park," jelas Retno.

Deputi Perdana Menteri Singapura Teo Chee Hean (kedua kanan) berjalan seusai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (19/7/2018). Foto: Antara/Wahyu Putro
Deputi Perdana Menteri Singapura Teo Chee Hean (kedua kanan) berjalan seusai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (19/7/2018). Foto: Antara/Wahyu Putro

Kemajuan kerja sama di bidang lain turut dibahas misalnya masalah wisata cruise. Retno menyebut, kerja sama cruise sudah sampai pada pelatihan untuk para pemandu kapal wisata.

"Dan kita juga bicara mengenai investasi Singapore di Indonesia khususnya di bidang tourism," kata Retno dikutip Merdeka.com.

Dilaporkan Bisnis.com, dalam catatan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), investor asal Singapura menjadi yang terbesar menanamkan modal di Indonesia. Selama 2017, investasi asal Singapura yang masuk ke Indonesia mencapai US$8,4 miliar atau 26,2% dari total penanaman modal asing.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini