Kawin Lari? Basi! Nih, Tradisi Nyulik Pengantin ala Lombok

Kawin Lari? Basi! Nih, Tradisi Nyulik Pengantin ala Lombok
info gambar utama

Nikah, kawin, eh.. Bedanya apa, sih? Nikah mempunyai arti sebagai ikatan perkawinan yang sesuai dengan hukum, sedangkan kawin adalah membentuk keluarga atau melakukan hubungan kelamin tanpa harus sah di mata hukum dan tanpa diikat oleh status pernikahan (suami/istri). Begitu sodara-sodara... udah sering liat kawin lari di sinetron-sinetron yang sangat mendydyque di TV? Tapi belum pernah melihat tradisi culik pengantin, kan? Buat kamu yang punya rencana liburan ke Lombok dan udah beli tiket pesawat Lion Air (murah cyiin~) tujuan Lombok, tradisi unik ini harus banget kamu ketahui, biar pinter!

Tradisi Kawin Culik Suku Sasak Lombok

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Tradisi unik yang hanya akan kamu temukan di daerah suku Sasak, Lombok, dan sudah terjadi sejak zaman raja-raja Lombok, ceunah... Wah, termasuk tradisi kuno, nih! Sangat patut untuk kamu saksikan secara langsung, beli tiket pesawat Lion Air secepatnya, ah.. Pada awalnya tradisi ini bermula ketika ada seorang Putri yang amat, sangat, super, duper cantik jelita, paras cantiknya ini mengundang banyak pria yang berlomba-lomba untuk meminangnya. Tapi gak semudah itu mengambil hati sang putri, para pria ini harus melewati tantangan yang ada dengan menculik sang dambaan hati di sebuah ruangan yang dijaga ketat! Nah, bisa gak?

Sabar! Penculikan ini gak melanggar hukum, kok! Legal! Bahkan diatur oleh lembaga adat setempat. Biasanya sang wanita dan pria yang sudah dipilihnya akan membuat janji kapan prosesi kawin culik ini terjadi, tanpa sepengetahuan orang tua dari pihak wanita maupun saingan pria lainnya. Kenapa seperti itu? Karena bisa aja keluarga wanita tidak suka dengan si pria dan berusaha menggagalkan rencana kawin culik ini. Namanya juga cinta, kan... Untuk menghindari keributan, biasanya kawin culik ini dilakukan saat malam hari. Jika pada akhirnya proses penculikan ini menimbulkan keributan, maka pihak pria harus membayar sejumlah denda. Uang dendanya bisa dibeliin tiket pesawat Lion Air gak, ya? hemm...

Kawin Lari? Basi! Nih, Tradisi Nyulik Pengantin ala Lombok

Nah, setelah si wanita berhasil diculik tanpa sepenhgetahuan keluarga wanita, biasanya wanita ini langsung diboyong ke rumah kerabat sang pria. Kok, gak dibawa langsung ke rumah si pria? Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan keributan yang biasanya terjadi di kediaman si pria. Terus orangtua pihak wanita kebingungan, dong, anaknya tiba-tiba menghilang? Seperti yang sudah dibilang di atas, ini sudah menjadi tradisi pernikahan adat suku Sasak, Lombok, maka pihak keluarga wanita sudah nyantai kayak di pantai... tinggal lapor aja ke lembaga adat setempat.

Jika keluarga pihak wanita telah setuju dan prosesi culik kawin ini dilakukan tanpa adanya keributan, artinya prosesi kawin culik pernikahan adat sasak lombok ini dikatakan berhasil. Hore! Selanjutnya kedua keluarga akan menggelar rapat keluarga guna memusyawarahkan prosesi pernikahan selanjutnya. Prosesi pernikahan yang nantinya dilakukan juga harus melewati tahapan pengesahan secara agama yang dianut dan juga secara adat. Pada tahapan perundingan kedua keluarga ini biasa disebut dengan istilah Masejatik atau Nyelabar. Begitu sodara-sodara...

Indonesia penuh dengan adat dan tradisi yang masih belum kamu ketahui. Makanya jelajahi Indonesia yang indah ini. Beli tiket pesawat Lion Air dan liburan sekarang! Jangan kebanyakan kerja, nanti setres, lho.. hehehe..


Sumber: blog misteraladin.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini