Masyarakat Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah yang Baik di Asian Games

Masyarakat Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah yang Baik di Asian Games
info gambar utama

Pesta olahraga terbesar di Asia akan berlangsung beberapa minggu lagi. Hitung mundur di website resminya, Asian Games 2018 akan dimulai dalam 26 hari kedepan. Pesta olahraga akbar ini akan dimulai pada 18 Agustus , dan berakhir pada 2 September 2018. Asian Games 2018 akan digelar di dua kota besar Indonesia, Jakarta dan Palembang.

Meskipun hanya digelar di dua kota, kemeriahannya kini telah menyeruak keseluruh Indonesia. Masyarakat Indonesia siap menyambut event empat tahunan ini. Terlihat antusias masyarakat Indonesia menjelang Asian Games 2018 cukup tinggi. Obor Asian Games yang dibawa berkeliling Indonesia tak pernah sepi dari penonton.

Sepertinya masyarakat telah siap menjadi bagian dari Asian Games 2018. Masyarakat Indonesia siap menjadi tuan rumah bagi tim dan pendukung negara – negara yang berpartisipasi. Untuk menjadi tuan rumah yang baik, tentu ada beberpa hal yang perlu disiapkan. Hal terpenting adalah tentang sikap dalam menyambut tamu dari negara – negara peserta.

Panitia dan pemerintah telah mencoba mengkampanyekan tagar #TuanRumahBaik di media sosial. Panitia membawa tiga pesan utama dalam kampanye yang dibuat. Tertib sampah, tertib berkendara, dan tertib antre. Tiga pesan ini memang penting dikampanyekan lagi, menjadikan ajang refleksi diri bagi masyarakat Indonesia.

Konten dalam kampanye panitia tidak hanya memberikan ajakan kepada masyarakat. Tetapi juga memberikan arahan dalam bersikap untuk menjadi tuan rumah yang baik. Pesan pertama yang disampaikan panitia adalah tertib sampah.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Dalam kampanyenya, panitia memberikan empat langkah praktis untuk menjadi tertib sampah. Menjaga venue dari sampah, mengambil sampah yang berserakan dan membuangnya ke tempat sampah, menghindari penggunaan kemasan plastik sekali pakai, dan memilah sampah sesuai jenisnya.

Tertib yang kedua yaitu tertib berkendara. Di Indonesia, penggunaan kendaraan pribadi untuk bepergian sangatlah wajar. Namun budaya tersebut tidak dibarengi dengan usaha tertib berkendara. Dalam poster kampanyenya, panitia mengajak masyarakat untuk tertib berkendara. Ajakan itu berupa mematuhi markah dan rambu lalu lintas, menggunakan sabuk pengaman dan helm saar berkendara, menjaga batas kecepatan, dan tidak melawan arah saat berkendara.

Tertib yang terakhir adalah tertib antre. Tertib antre ini sangat penting, karena masyarakat yang ingin menyaksikan Asian Games akan antre dengan supporter dari negara lain. Isi dari pesan tertib antre adalah mengikuti garis antrean, tidak menyelak, sabar dalam mengantre, dan menghargai hak – hak orang lain.

Dengan pesan yang telah disampaikan tersebut, Asian Games diharapkan berjalan sukses. Dan Indonesia mampu mendapat apresiasi dari dunia Internasional.


Sumber: @asiangames2018

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini