Surabaya Duduki Peringkat Pertama Kota Pariwisata Terbaik

Surabaya Duduki Peringkat Pertama Kota Pariwisata Terbaik
info gambar utama
Known as the symbol of the capital city, the Heroes Monument is dedicated to soldiers who passed away during the Battle of Surabaya on November 10, 1945. The East Java capital was named the best tourism city at the 2018 Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards. (Shutterstock/File)
info gambar

Ibukota Jawa Timur, Surabaya menduduki peringkat teratas dalam daftar 10 kota pariwisata terbaik versi Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018.

Dilaporkan oleh Kompas.com, untuk dapat mencapai itu komitmen, performa, inovasi, kreasi, dan dukungan pemerintah daerah yang tinggi dalam membangun pariwisata lokal.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyebutkan, "Surabaya mendapatkan skor tertinggi dalam ukuran serta pertumbuhannya. Ditandai dengan pertumbuhan sebesar 40%."

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, beberapa faktor penilaian telah diambil untuk proses penilaian tersebut, termasuk beberapa indikator yang berisikan performa bisnis pariwisata (akomodasi dan makanan serta minuman): PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) dan tenaga kerja, serta dampak/hasil (berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik), Indeks Pariwisata Indonseia, Indonesia's Attractiveness Award dan penghargaan internasional dan nasional.

Sembilan kota lainnya yang masuk dalam daftar top 10 Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 mengikuti Surabaya adalah Denpasar, Bandung, Semarang, Batam, Yogyakarta, Padang, Makassar, Balikpapan, dan Palembang.

Sumber: Blogger
info gambar

Penghargaan tersebut juga menamai 10 kabupaten dengan performa terbaik dalam pariwisata, yakni Badung, Sleman, Banyuwangi, Bogor, Buleleng, Gianyar, Klungkung, Bantul, Sidoarjo, dan Bandung.

Adapun tim juri terdiri dari ketua GIPI, Didied Djunaedy, perwakilan dari ITB, Budi Faisal, perwakilan dari BPS, Adhi Wiriana, serta perwakilan dari Kementerian Pariwisata, Frans Teguh.

Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards memberikan penghargaan terhadap kota-kota dan kabupaten-kabupaten dengan komitmen, performa, inovasi, kreasi, dan dukungan pemerintah yang luar biasa dalam membangun pariwisata lokal, yang diberikan kepada pemerintah setempat untuk kontribusinya.


Sumber: The Jakarta Post | Kompas.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini