Pelatihan Olahan Susu Oleh Australia Global Alumni

Pelatihan Olahan Susu Oleh Australia Global Alumni
info gambar utama

Beberapa alumni pelajar Indonesia di Australia yang tergabung dalam Australian Global Alumni menggelar pelatihan kewiraushaan untuk perempuan di sentra peternakan sapi perah atau kampung susu, Desa Sindem, Kabupaten Tulungagung, Jawa timur.

Dhian Kusumawardani merupakan salah satu alumni Indonesia di Australia menjelaskan bahwa pelatihan kewirausahaan yang ada di Tulungagung ini adalah kelanjutan dari pelatihan yang ada di Desa Krisik dan Sidoharjo, Kabupaten Ponorogo beberapa waktu yang lalu.

"Nilai-nilai kewirausahaan para perempuan Ponorogo ini telah menghasilkan berbagai produk olahan berbasis susu. Dan kemudian kita perkenalkan dan kembangkan lagi di sini (Tulungagung)," kata Dhian yang berlatar belakang peneliti di Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) tersebut. Dilansir dari antaranews

Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan para alumni Indonesia yang mendalami pendidikan tinggi di Australia dengan melakukan transfer teknologi dan pemberdayaan masyarakat sejak 2015.

Dalam pelatihan ini ibu-ibu PKK desa Sidem belajar bagaimana mengolah daging dan susu yang dioalah menjadi nugget, abon, sosis, bakso dan permen susu.

Sebulan setelah pelatihan manfaat dari pelatihan mulai dapat dirasakan, dengan produksi rutin, permen susu yang kemudian dapat dijual di Kampung Susu Dynasti. Total yang di dapatkan setiap akhir pekan adalah 12-22 kantong dengan berat 100 gr per kantong. Permen susu tersebut selanjutnya di jual di Kampung Susu Dynasti dan berhasil mengembangkan kesejahterahan kelompok ibu-ibu PKK di Desa Sidem.

Menurut penjelasan Dhian, Kabupaten Tulungagung sengaja dipilih dengan pertimbangan adanya kesungguhan, komitmen serta peran serta dari pemerintah daerah. Anis Saadah pemilik UMKM Kampung Susu Dynasty memiliki keinginan untuk mendaftarkan merek dagang (MD) melalui sertifikasi BOPM, serta misi pengabdian masyarakat oleh para Australian Global Alumni, maka diajukanlah sejumlah proposal kegiatan.

Dari 246 Proposal yang diajukan, Proposal dengan judul “peningkatan Keterampilan Perempuan Pada Produk Olahan Susu dan Daging di Sidem dan Krisik Ponorogo” disetujui dan didanai oleh Australian Grant Scheme.

Harapannya dengan adanya pelatihan yang di adakan oleh Australian Global Alumni dapat mengangkat perekonomian ibu-ibu PKK dan menerapkannya secara rutin sehingga produk yang dihasilkan dapat meluas ke berbagai daerah di Indonesia.


Sumber:jatim.antaranews.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini