Dibawakan Siswa SMP, Tari Saman Juarai Kompetisi Internasional

Dibawakan Siswa SMP, Tari Saman Juarai Kompetisi Internasional
info gambar utama

Kabar membanggakan berasal dari murid-murid Sekolah Mengengah Pertama (SMP) asal Jakarta, Labschool. Mereka berhasil memenangkan ajang tari tradisional yang diadakan di Polandia.

Sebanyak 28 murid ini berhasil memenangkan Grand Prix pada kompetisi Internasional Folklore Festival yang bertajuk “XXV Miedzynarodowy Festival Tanca”. Festival yang berlangsung selama seminggu ini dihelat pada 23-30 Juni 2018, di Gorzow Wielkopolski, Polandia.

Tim SMP Labschool Jakarta ini memenangkan kompetisi setelah membawakan tarian Saman. Tim ini sendiri berisi murid-murid kelas 9 yang baru saja menyelesaikan Ujian Nasional tingkat SMP. Untuk persiapan mengikuti festival ini, mereka berlatih disela-sela kegiatan sekolah mereka.

Kompetisi ini diikuti oleh 10 negara, Indonesia menang setelah bersaing dengan tim kebudayaan dari Bulgaria, Republik Ceko, Kazakhstan, Kolombia, Latvia, Polandia, Romania, Ukraina dan negara tetangga kita, Malaysia. Pada kompetisi ini pula Indonesia mendapatkan apresiasi setelah berhasil memukau penonton. Kekompakan dan kedinamisan gerakan dari Tari Saman inilah yang membuat para penonton terpukau.

Seperti yang kita tahu, menurut rappler.com, Tari Saman merupakan tarian adat yang berasal dari tanah Gayo, Aceh. Tari Saman sudah ada semenjak abad ke-13 dan dikembangkan oleh Syekh Saman. Awalnya, tarian ini digunakan sebagai media untuk menyebarkan syiar Islam, untuk fungsi yang lebi luas tari sama biasanya digunakan sebagai hiburan dan juga ajang menunjukan kekayaan seni di Tanah Air. Tari Saman biasa ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat dan dipentaskan oleh laki-laki.

Dikutip dari BBC, Tari Saman juga sudah tercatat di UNESCO sebagai warisan budaya. UNESCO memberikan predikat ini karena tari saman memiliki 4 aspek kebudayaan kriteria UNESCO. Aspek-aspek tersebut adalah originalitas, keunikan, nilai filosofi yang universal, serta daya tular ke masyarakat.

Tari Saman adalah warisan budaya tak benda Indonesia yang telah diakui UNESCO. Selain tari tradisional ini warisan budaya tak benda yang telah diakui adalah wayang, keris, batik dan seni angklung.

Dengan adanya kabar baik ini, diharapkan bangsa Indonesia tidak hanya merasa bangga tetapi juga turut menjaga dan melestarikan budaya Indonesia. Sehingga tidak hanya Tari Saman saja yang bisa menjadi salah satu tari yang bisa dibanggakan oleh bangsa Indonesia.

Sumber: Antara, rappler.com, BBC

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini