Mahasiswa-mahasiswa Indonesia buktikan unggul diantara mahasiswa-mahasiswa dari universitas berkelas internasional lainnya di dunia. Hal ini telah dibuktikan dari sejumlah mahasiswa Indonesia yang mendapatkan beasiswa untuk mengikuti International Summer School: Experiencing China 2018 di Tsinghua University pada 15-27 Juli 2018.

Salah satu mahasiswa asal Indonesia yang mengikuti program ini adalah Angelo Abil Wijaya, mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada. Angelo menyampaikan bahwa selama program berlangsung, ada beberapa mahasiswa Indonesia lainnya yang mendapat beasiswa untuk mengikuti program tersebut bersamanya, beberapa diantaranya adalah Rachmadita Kusumastiti (Universitas Gadjah Mada), Made Fiona (Institut Teknologi Bandung), Fabia Razula (Institut Teknologi Bandung), serta Titi (Universitas Indonesia).

Mahasiswa-mahasiswa mancanegara lainnya berasal dari universitas-universitas ternama di dunia seperti Oxford University (Inggris Raya), Cambridge University (Inggris Raya), Massachusetts Institute of Technology (Amerika Serikat), Harvard University (Amerika Serikat), University of British Columbia (Canada), Nanyang Technological University (Singapura), TU Delft (Belanda), serta beberapa universitas ternama lainnya di Australia, Selandia Baru, Rusia, Georgia dan masih banyak lagi. Mahasiswa-mahasiswa dari universitas-universitas Ivy League dari Amerika Serikat pun turut mengikuti program ini.

Untuk dapat mengikuti acara tersebut, ia harus mendaftarkan diri ke Tsinghua University jauh sebelum acara ini berlangsung, yaitu pada awal tahun 2018. Setelah proses seleksi ketat dari Tsinghua University, Angelo dinyatakan diterima untuk mengikuti program tersebut dengan beasiswa penuh.

Acara yang diikuti oleh kurang lebih 300 mahasiswa dari 70 negara di dunia tersebut bertujuan untuk memperkenalkan lebih lanjut Tsinghua University dan Republik Rakyat Tiongkok kepada para peserta. Angelo mengaku bahwa dengan mengalami kehidupan mahasiswa di Tiongkok, ia telah meningkatkan pemahamannya akan negara tersebut.

Peserta program ini diharapkan untuk melakukan proyek secara berkelompok untuk mencari solusi inovatif atas permasalahan-permasalahan sosial yang ada di masyarakat saat ini. Selama program ini berlangsung, para peserta diberikan kesempatan untuk melakukan field trip ke sejumlah tempat, antara lain Microsoft dan Baidu yang berada di Beijing. Tujuan dari field trip ini adalah untuk memperkenalkan para peserta pada teknologi terbaru mereka serta untuk memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mendapatkan first-hand information dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Kelas-kelas yang ditawarkan program ini pun beragam, mulai dari sejarah, ekonomi, bisnis, kewirausahaan, arsitektur, pemuda, hubungan internasional, hingga budaya.

Program Tsinghua University International Summer School: Experiencing China diluncurkan untuk pertama kalinya pada tahun 2016. Pada tahun ketiga pelaksanaannya, program ini menuai kesuksesa luar biasa yang dapat dilihat dari antusiasme peserta serta animo pendaftar yang jumlahnya meningkat tajam dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

Angelo Abil Wijaya yang merupakan Mahasiswa Berprestasi Terbaik Universitas Gadjah Mada tahun 2018 ini mengungkapkan bahwa ia sangat senang dapat berpartisipasi dalam acara tersebut, terutama karena ia mendapat beasiswa penuh dari Tsinghua University. Sebelumnya, Angelo juga pernah mendapatkan beasiswa Erasmus+ dari Uni Eropa untuk belajar selama satu semester penuh di University of Glasgow, Inggris Raya.

Ia berharap bahwa ilmu yang ia dapatkan selama program tersebut berlangsung dapat bermanfaat di masa depan, terutama karena ia merasa bahwa ilmu yang didapatkan dapat digunakan untuk membantu banyak orang.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu