Adakan Pengobatan Gratis, Masyarakat Ringinkembar Antusias Datang

Adakan Pengobatan Gratis, Masyarakat Ringinkembar Antusias Datang
info gambar utama

Malang – Balai Desa Ringinkembar, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang pada Sabtu (28/07/2018) terlihat ramai masyarakat untuk menghadiri acara pengobatan gratis yang diadakan oleh kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 30 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang bekerja sama dengan Tim Bantuan Medis Mahasiswa (TBMM) Nurul Qolbi Fakultas Kedokteran UMM.

Pengobatan Gratis yang dilakukan oleh kelompok KKN 30 UMM merupakan salah satu wujud tridarma perguruan tinggi tentang pengabdian masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan bukan hanya untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesehatan masyarakat Ringinkembar atau melakukan pemerataan kesehatan saja tetapi juga untuk meringankan biaya berobat. Selain itu, kelompok KKN bimbingan Bapak Muhammad Kamil, S.IP., M.A ini mendapatkan antusias yang baik dari masyarakat sekitar karena semua anggota dapat membaur dan melayani masyarakat dengan baik.

“Kami sangat senang ada kegiatan seperti ini, karena sudah lama tidak pernah ada pengobatan gratis apalagi anak-anak KKNnya juga ramah-ramah sampai mengantar kami yang sudah tua sampai dirumah”. Ucap Mbah Marsina, pasien dari Dusun Krajan RT 03 RW 1.

Menurut Dokter Shofi yang langsung menangani pasien, merasa sangat respect terhadap antusias masyarakat yang datang. Pasalnya jarak tempuh antar 7 dusun ke balai desa sekitar 7-9 km dengan akses jalan yang sulit. Beliau juga menyatakan bahwa tingkat kemerataan kesehatan di Desa Ringinkembar ini terbilang kurang maksimal karena kurang tersedianya obat-obatan di polindes dan sulitnya akses untuk menuju puskesmas yang ada di kecamatan Sumbermanjing Wetan ataupun didesa terdekat menjadi penyebabnya.

“Rata-rata sakit yang dikeluhkan masyarakat adalah faktor usia dan permasalahan sendi karena mata pencaharian masyarakat sebagian besar sebagai buruh tani dan kebun. Sedangkan jam kerjanya mulai pagi hingga petang membuat waktu istirahat berkurang”. Tambah Dokter Shofi ketika ditemui diruangannya.

Kegiatan pengobatan gratis yang diikuti oleh masyarakat dari usia 6-70 tahun berlangsung sejak pukul 10.30 sampai jam 14.30 WIB. Masyarakat datang dengan membawa kupon yang telah sebar oleh tim KKN 30 UMM kesetiap kepala dusun atau yang dipilih secara random dengan kriteria tertentu kemudian kupon ditukar dengan nomor urut yang nantinya akan dipanggil untuk tensi darah dan konsultasi dokter. Selanjutnya masyarakat diarahkan kebagian farmako untuk mengambil obat dan sebelum pulang masyarakat diberikan makanan yang telah disediakan.

Giant Robby Nugroho selaku koordinator desa KKN 30 UMM sangat senang dengan antusias masyarakat dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh timnya, dia juga berharap dengan diadakannya pengobatan gratis ini bukan hanya untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesehatan masyarakat Ringinkembar atau melakukan pemerataan kesehatan saja tetapi juga untuk meringankan biaya berobat masyarakat sekitar. (izd)

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini