Meningkatkan Perekonomian Dengan Gerakan Pengenalan & Penanaman Jiwa Kewirausahawan

Meningkatkan Perekonomian Dengan Gerakan Pengenalan & Penanaman Jiwa Kewirausahawan

probolinggo (23/07)

Dengan zaman yang semakin berkembang menuntut kita untuk pandai dalam beradaptasi dengan masyarakat social. Perkembangan dalam teknologi, social bahkan ekonomi. Menjadi kasus krusial yang ditambah dengan peningkatan pengangguran menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan, pada tahun 2017 telah terjadi kenaikan jumlah pengangguran di Indonesia sebesar 10.000 orang menjadi 7,04 juta orang pada Agustus 2017 dari Agustus 2016 sebesar 7,03 juta orang, yang menyebabkan lambatnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan menanamkan jiwa kewirausahaan kepada masyarakat, dapat menjadi solusi untuk mengurangi pengangguran. Kuliah Kerja Nyata (KKN) 66 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di bina oleh ibu Dra. Arfida Boedirochminarni menggelar Seminar Kewirausahaan dengan tema “Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Masyarakat yang Kreatif, Inovatif, dan Mandiri (23/07). Dalam seminar tersebut menghadirkan Desy Suryani selaku wirausaha dan fashion designer sebagai pemateri. Dalam seminar tersebut dihadiri oleh masyarakat kelurahan Wiroborang yang terdiri dari berbagai kalangan. Acara seminar tersebut berjalan dengan lancar dan masyarakat cukup antusias dalam memberikan pertanyaan seputar wirausaha. Di kelurahan Wiroborang memiliki beberapa UKM baik di bidang makanan maupun pernak-pernik. Namun di dalam usaha tersebut dinilai masih kurang maksimal. Oleh sebab itu perlu diberikannya motivasi kepada masyarakat Wiroborang untuk lebih dapat meningkatkan UKM di wilayahnya.

Desy Suryani selaku pemateri memberikan motivasi kepada masyarakat di kelurahan Wiroborang dalam menjalankan maupun membangun usaha. Pemateri juga memberikan ilmu tentang pemanfaatan teknologi seperti sosial media instagram dan facebook dalam proses pemasaran produk. Kegiatan seminar ini berisi pengetahuan tentang efisiensi dalam manajemen waktu dan modal. Selain itu kegiatan seminar ini dapat memantau peluang yang ada disekitar kita seperti sumber daya yang ada untuk diolah menjadi produk barang atau jasa yang memiliki nilai tambah. Mengenali potensi diri masing-masing penting untuk menjadi sebuah hobi yang menghasilkan barang atau jasa untuk dipasarkan serta memberikan lapangan pekerjaan bagi pengangguran.

Diadakannya seminar Kewirausahaan ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat kelurahan Wiroborang dalam menjalankan usahanya dan memanfaatkan teknologi serta meningkatkan wirausaha, kepercayaan diri dalam berwirausaha, maupun pemasaran untuk dapat bersaing dengan wirausaha lainnya. Selain itu agar kita sebagai masyarakat bisa memanfaatkan peluang dan sumber daya manusia yang ada menjadi sebuah nilai tambah dan kontribusi pendapatan. Dengan diadakannya seminar ini, Mahasiswa KKN 66 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berharap dapat memotivasi dan menumbuhkan jiwa masyarakat Wiroborang yang kreatif, motivatif dan mandiri, dan dapat memberikan nilai yang positif bagi masyarakat maupun pihak yang terkait lainnya, serta dapat menjadi contoh dalam menjalankan usaha maupun membangun usaha.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Adakan Pengobatan Gratis, Masyarakat Ringinkembar Antusias Datang Sebelummnya

Adakan Pengobatan Gratis, Masyarakat Ringinkembar Antusias Datang

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri Selanjutnya

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.