Api Obor Asian Games 2018 Berlayar Ke Makassar Dengan Kapal Latih Legendaris Indonesia

Api Obor Asian Games 2018 Berlayar Ke Makassar Dengan Kapal Latih Legendaris Indonesia
info gambar utama
Semangat prosesi ajang olahraga akbar Asian Games 2018 terus membara bagaikan obor yang telah disulut pertama kali di Candi Prambanan, Yogyakarta pada 18 Juli yang lalu. Kini obor yang digunakan sebagai simbol keabadian semangat sportifitas ini telah mencapai Makassar dengan menggunakan kapal latih legendaris milik TNI Angkatan laut, KRI Dewaruci.

Api obor Asian Games 2018 telah mencapai tanah Sulawesi semalam (29/07) di pantai Tanjung Bira, Makassar. Dalam penyambutan api obor, dilakukan dengan prosesi A'ngaru, proses Pataka dan Tari Jenakan Gandrang Bulo. Ketiganya merupakan upacara kebiasaan yang dilakukan untuk sebuah acara di Makassar. Prosesi penyambutan ini berlangsung di Anjungan City of Makassar dan dibawa oleh Menteri Sosial RI, Idrus Marham.

Menteri Idrus pun mengatakan bahwa api Asian Games ini menjadi sebuah semangat untuk jiwa nasionalisme bangsa demi kemenangan. "Tema Energy of Asia merupakan pengingat dan pemantik kita agar terus meningkatkan jiwa nasionalisme kita. Semnagat kemenangan harus kita raih dan bangkitkan," ujarnya.

Foto: dok. INASGOC
info gambar

Sementara itu, Walikota Makassar, Ramdhan Pomanto mengatakan bahwa api Asian Games 2018 ini memiliki makna semangat dalam mengukir prestasi. Dirinya mengatakan bahwa kedatangan api ini merupakan sebuah kehormatan bagi masyarakat Makassar.

Di Makassar, obor ini dikirab oleh M. Ridwan, seorang atlet Triathlon asal Sulawesi dan selanjutnya api akan dikirab menuju Banjarmasin di Kalimantan.

Obor Asian Games 2018 sendiri bermula dari Prambanan, Yogyakarta dengan mempertemukan api dari India, dengan api dari Mrapen dari Grobogan, Jawa Tengah. Api dikirab ke berbagai kota di Indonesia dan akan berakhir di Istana Bogor pada Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada 15-18 Agustus 2018. Kemudian pada 18 Agustus, pesta pembukaan Asian Games 2018 akan dilakukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini