Segera Hadir Pameran Peninggalan Kesultanan Samudera Pasai

Segera Hadir Pameran Peninggalan Kesultanan Samudera Pasai
info gambar utama

Koleksi artefak peninggalan Kesultanan Samudera Pasai akan dipertunjukkan saat momen Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) 7 yang akan diadakan selama 11 hari dari tanggal 5 hingga 15 Agustus mendatang di Taman Sukthanah Safiatuddin di Banda Aceh.

Sebagaimana dikutip dari Kompas.comartefak-artefak yang akan dipertunjukkan meliputi koin kuno, lambang kesultanan, bejana, perhiasan kesultanan, serta instrumen musik tradisional.

"[...] benda-benda berikut merupakan benda-benda yang sulit untuk ditemukan. Kami ingin mempertunjukkannya kepada masyarakat selama pameran budaya ini," ucap Nur Liana, Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Aceh Utara.

Ia menambahkan bahwa ia berharap koleksi-koleksi tersebut meningkatkan keinginan masyarakat untuk berkunjung ke museum tersebut.

"Seperti yang saya ketahui bahwa masyarakat ingin sekali untuk mempelajari dan memahami sejarah daerah ini," kata Liana.

Kesultanan Samudera Pasai abad 13-16 merupakan kerajaan Islam pertama dan terbesar di Indonesia.

Kerajaan Aceh dikenal dengan keunggulan sejarahnya. Kesultanan Peureulak pada abad ke-9 dikenal sebagai salah satu kerajaan Islam paling awal di Asia Tenggara, dan menguasai wilayah yang merupakan kabupaten Aceh Timur saat ini.

Mengikuti Samudera Pasai, Kerajaan Aceh Darussalam abad 16-17 menjadi pusat kekuatan.


Sumber: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini