Ada Hal Unik di Cirebon Saat Musim Haji Datang, Tradisi Apakah itu?

Ada Hal Unik di Cirebon Saat Musim Haji Datang, Tradisi Apakah itu?
info gambar utama

Musim Haji telah tiba lagi, ratusan ribu jamaah meninggalkan keluarganya untuk beberapa waktu demi memenuhi panggilan ke Baitullah Mekkah. Persiapan yang dilakukan oleh jamaah dan keluarganya sangat bermacam-macam, mulai dari pengajian hingga tradisi yang dilakukan secara turun-temurun.

Setiap musim Haji, di Cirebon ada tradisi menarik. Kebiasaan unik yang dilakukan warga Cirebon, Jawa Barat, saat menyambut anggota keluarganya pergi haji adalah, mereka menyediakan gentong yang berisi air di depan rumahnya masing-masing. Contohnya warga Desa Pangkalan, Kecamatan Celancang, Kabupaten Cirebon, akan meletakkan kendi berisi air di depan rumahnya saat ada anggota keluarganya menunaikan ibadah haji.

Uniah, warga Desa Pangkalan, Kecamatan Plered mengatakan tradisi gentong haji bertujuan untuk bersedekah dan mencari berkah. Setiap harinya, Uniah selalu menyediakan gentong haji tersebut di depan rumahnya yang sudah diisi dengan air. Ditempat tersebut juga sudah disediakan gelas.

sumber : kumparan
info gambar

"Sehari sebelum ibu (Arsih) berangkat, gentong ini sudah dipasang," kata Uniah kepada Medcom.id di Cirebon, Senin, 30 Juli 2018 dikutip dari Medcom.id

Uniah mengatakan tradisi Gentongan sudah dijalankan secara turun temurun setiap ada orang yang melaksanakan ibadah haji. "Sudah dari dulu ada. Diniati sebagai sedekah kepada orang yang haus, yang ingin minum. Tujuannya agar yang sedang ibadah haji rasanya tetap adem, tidak kepanasan saat menjalankan ibadah haji," kata Uniah yang dikutip dari Detikcom

sumber : medcom
info gambar
Tujuan tradisi gentong haji adalah agar keluarga yang sedang berangkat haji merasa adem dan tidak kepanasan saat menjalankan ibadah haji. Gentong Haji, tambah Uniah, akan ada terus di depan rumah sampai keluarga yang berangkat kembali pulang ke rumah.
Sumber : Detik.com, Medcom.id, Tribun Jabar, Kumparan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini