Wow, Ada Kompetisi Pidato Bahasa Indonesia Di Australia, Yuk Ikutan

Wow, Ada Kompetisi Pidato Bahasa Indonesia Di Australia, Yuk Ikutan

© Matt Botsford / unsplash.com

Untuk ke-4 kalinya, NAILA (National Australia Indonesia Language Awards) kembali hadir mengajak para warga negara Australia dan pemegang status penduduk tetap Australia untuk mengikuti lomba pidato bahasa Indonesia. Lomba ini merupakan upaya untuk memperkenalkan dan mendorong pembelajaran Bahasa Indonesia di Australia.

Berdasarkan rilis yang diterima GNFI, kompetisi ini dapat diikuti oleh para warga Australia yang belajar bahasa Indonesia. Namun tidak terbatas pada warga lokal, kompetisi pidato juga diperbolehkan untuk para pelajar Indonesia yang sedang menempuh kuliah di Australia.

NAILA sendiri merupakan kompetisi yang diprakarsai oleh Australia-Indonesia Youth Association. Kompetisinya adalah berupa lomba pidato tahunan yang mengapresiasi dan mendorong perkembangan pembelajaran Bahasa Indonesia di Australia.

Para peserta yang berasal dari siswa sekolah dasar maupun peserta dari kalangan eksekutif diundang untuk ikut serta dalam lomba. Dengan acara nantinya akan diakhiri dengan penghargaan nasional (awards ceremony) dan program jejaring. NAILA menjadi kompetisi bahasa Indonesia pertama yang menyatukan peserta dari beragam kelompok usia dan latar belakang agar mereka dapat berkenalan, saling belajar, dan membimbing satu sama lain di Australia.

Direktur NAILA, Maighdlin Doyle, menjelaskan bahwa Bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa asing yang banyak dipelajari di Australia. Itu sebabnya kompetisi pidato dianggap bisa menjadi upaya mempromosikan bahasa Indonesia.

"Tujuan NAILA bukan hanya untuk mendorong pembelajaran Bahasa Indonesia tapi juga menciptakan jaringan antar individu, institusi, dan organisasi yang memiliki gairah yang sama untuk mempromosikan bahasa Indonesia di berbagai kelompok usia dan tingkat pendidikan,” ucapnya.

Karena itu, di tahun ini, NAILA berusaha mengajak para peserta untuk mengumpulkan video mereka sedang berbicara dalam bahasa Indonesia. Tema yang diperlombakan kali ini adalah “Diversity” atau “Keanekaragaman”. Pada video yang dikirimkan, para peserta wajib menggunakan kata keragaman atau keanekaragaman atau kebhinnekaan.

NAILA 2018 terbuka untuk 10 kategori di mana setiap kategori memiliki persyaratannya masing – masing. Info lengkap tentang kompetisi ini bisa dilihat di situs naila.org.au. Batas pengumpulan video ditunggu sampai 31 Agustus 2018.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Wilayah Ini Resmi Menjadi Jadi Cagar Biosfer UNESCO Terbaru di Indonesia Sebelummnya

Wilayah Ini Resmi Menjadi Jadi Cagar Biosfer UNESCO Terbaru di Indonesia

Tanaman Paku Selanjutnya

Tanaman Paku

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.