Wow! Efek Asian Games Rp 40,7 Triliun

Wow! Efek Asian Games Rp 40,7 Triliun

© AsianGames.id

Efek perhelatan Asian Games bakal bergulir. Bahkan, klaim pemerintah, dampak ekonomi sudah sudah mulai terasa sejak tahun 2015 dan akan berlanjut hingga tahun ini.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, penyelenggaraan Asian Games 2018 akan terasa langsung pada perekonomian.

Yang langsung berasa adalah investasi untuk pembangunan infrastruktur pendukung dan sarana olahraga, operasional persiapan dan penyelenggaraan Asian Games 2018 yang sudah berlangsung sejak tahun 2016 hingga 2018 serta pengeluaran wisatawan lokal dan mancanegara.

Dampak lanjutan terhadap ekonomi karena adanya efek pengganda terhadap perekonomian sehingga dapat menyebabkan penciptaan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi, dan penambahan pendapatan masyarakat, ujar Bambang, Minggu (29/7).

Renovasi stadion Gelora Bung Karno untuk Asian Games 2018. Foto: asiamedia.lmu.edu
Renovasi stadion Gelora Bung Karno untuk Asian Games 2018. Foto: asiamedia.lmu.edu

Asian Games akan dihadiri sekitar 11.000 atlet dan 5.000 official dari 45 negara. Diprediksi ada 7.000 orang perwakilan media asing dan 2 juta penonton, baik domestik maupun mancanegara yang akan berpartisipasi pada acara bulan depan tersebut.

Dari dua provinsi yang akan menggelar Asian Games ini, Bambang memprediksi DKI Jakarta akan kecipratan sekitar Rp 22 triliun, sedang Sumatera Selatan Rp 18,7 triliun. Dampak ekonomi ini dirasakan mulai dari masa persiapan tahun 2016 hingga pelaksanaan pada tahun 2018 ini.

Untuk Jakarta, Bambang bilang, pada perhelatan Asian Games ini diprediksi bakal ada pengeluaran dari pengunjung sebesar Rp 2,6 triliun, baik dari wisatawan mancanegara dan domestik. Sedangkan untuk Palembang dan Sumatera Selatan keseluruhan pengeluaran pengunjung mencapai Rp 1,2 triliun.

Jika proyeksi ini benar, maka nilai ekonomi dari Asian Games bisa lebih dari Rp 40 triliun. Dampaknya, dua daerah ini akan mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Kereta LRT Palembang yang diproduksi oleh PT INKA (Persero). Foto: Istimewa/Bisnis Tempo
Kereta LRT Palembang yang diproduksi oleh PT INKA (Persero). Foto: Istimewa/Bisnis Tempo

Selain soal sektor ekonomi riil yang berdampak langsung, Asian Games juga akan mengerek kesempatan kerja di dua daerah ini. Menurut Bambang, pada 2015–2019 sedikitnya ada 57.300 kesemapatan kerja di Jakarta, serta 51.500 di Sumatera Selatan.

Dampak ekonomi yang cukup besar dari Asian Games ini dapat dimaksimalkan pemerintah dengan memperkuat profil kota penyelenggara, serta membuat panduan wisata (travel guide) bagi para penonton dan wisatawan.

Selain sektor pariwisata, kota penyelenggara Asian Games bisa juga dikembangkan untuk bisnis lain seperti Meeting, Incentives, Conferences, & Exhibition (MICE), baik skala lokal maupun internasional.

Souvenir Asian Games. Foto: AntaraFoto
Souvenir Asian Games. Foto: AntaraFoto

Sebelumnya, Ketua Kamar Dagang dan Industri Rosan P. Roeslani menyebut, meski Asian Games hanya digelar di Jakarta dan Palembang, tapi efek ekonomi dari ajang olahraga empat tahunan ini sudah meluas ke seluruh Indonesia, terutama bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang menjual suvenir Asian Games 2018.

"Sektor konsumsi rumah tangga akan menjadi yang paling berkontribusi dari pertumbuhan ekonomi selama Asian Games ini," tandas Rosan.

Bila sektor konstruksi yang paling menikmati dari sisi persiapan dan pembangunan infrastruktur pendukung Asian Games, saat perhelatan ini berlangsung, maka sektor makanan minuman, transportasi, dan jasa adalah yang paling banyak memegang andil.

"Meski hanya event olahraga, tapi dampaknya bisa dirasakan semua kalangan," kata Rosan memprediksi.


Sumber: Kontan

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Atlet Skateboard Indonesia Siap Taklukan Jepang di Asian Games 2018 Sebelummnya

Atlet Skateboard Indonesia Siap Taklukan Jepang di Asian Games 2018

Sri Mulyani Kembali Masuk dalam Daftar 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia Selanjutnya

Sri Mulyani Kembali Masuk dalam Daftar 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

Indah Gilang  Pusparani
@indahgilang

Indah Gilang Pusparani

http://www.indahgilang.com

Indah graduated from MSc Development Administration and Planning from University College London, United Kingdom in 2015. She finished bachelor degree from International Relations from University of Indonesia in 2014, with two exchange programs in Political Science at National University of Singapore and New Media in Journalism at Ball State University, USA. She was awarded Diplomacy Award at Harvard World Model United Nations and named as Indonesian Gifted Researcher by Australian National University. She is an Editor at Bening Communication, previously worked at the Commonwealth Parliament Association UK and a diplomacy consulting firm Best Delegate LLC in USA.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.