Ada Surga di Tanah Palu!

Ada  Surga di Tanah Palu!

Pusentasi Palu © Celebesnews.id

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Sebagai sebuah wilayah dengan keelokan daerah yang luar biasa, Indonesia selalu memiliki banyak rahasia alam yang mempesona. Seperti halnya salah satu destinasi yang ada di Pulau Sulawesi ini.

Namanya Pusentasi, yang dalam bahasa Kaili Sulawesi Tengah memiliki arti pusat laut. Pusentasi berlokasi di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala. Untuk dapat mencapai Pusentasi, para wisatawan dapat menggunakan kendaraan bermotor. Jaraknya pun sekitar 46 kilometer jika ditempuh dari pusat kota Palu dan 12 kilometer jika beranjak dari Kabupaten Donggala.

Sebagai destinasi wisata Pusentasi memiliki keunikan tersendiri. Letaknya berada di bawah tanah, maka seringkali dianggap layaknya sumur raksasa. Air nya pun jernih dengan nuansa turquoise. Kedalamannnya mencapai tujuh meter dengan diameter 10 meter.

Playground cakep. Loc: Pusat Laut, Kec Banawa Tengah, Kab Donggala. Sekitar 40 km di utara Kota Palu. Foto: @kabutipis #soalpalu #donggala #exploredonggala #pusentasi #pusatlaut

A post shared by palu sulawesi tengah (@soalpalu) on

Dilansir melalui Kumparan, Pusentasi kabarnya merupakan sebuah sink hole atau sumur laut yang terhubung dengan air laut melalui sebuah terowongan. Terowongan itu pun rupanya menjadi sarana masuknya air laut yang berjarak sekitar 500 meter dari Pantai tanjung Karang.

Hal tersebut yang menyebabkan Pusentasi memiliki rasa air yang asin selayaknya air laut pada umumnya, meskipun ia berbentuk seperti sumur. Disebabkan sumber air Pusentasi berasal dari laut, maka permukaan airnya pun turut pasang surut seperti sumber mata airnya.

Menariknya pula, Pusentasi juga dikelilingi oleh tembok berwarna-warni dengan ornamen warna-warna lucu seperti halnya kuning, merah muda, biru tua, dan biru muda. Di sisi lain, karena airnya yang dalam maka diperlukan keahlian khusus untuk dapat berenang di sana.

Menakjubkannya lagi, air yang berada di Pusentasi juga tidak pernah keruh ataupun kotor walau sering digunakan untuk menyelam juga berenang.

Di Pusentasi sendiri terdapat tangga yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk memudahkan dalam memanjat dan kembali ke ‘daratan.’ Di sana pun para pengunjung dapat melihat anak-anak yang bermain untuk menangkap koin yang dilempar ke dalam sumur.

Pusentasi, Pusat Laut yang Mempesona | Sumber dok: Wartawisata.id
Pusentasi, Pusat Laut yang Mempesona | Sumber dok: Wartawisata.id

Kabarnya, air di Pusentasi memiliki khasiat untuk menyembuhkan aneka penyakit, terutama penyakit kulit. Jadi jangan heran jika destinasi tersebut tidak hanya dikunjungi oleh mereka yang ingin berlibur, melainkan juga didatangi oleh mereka yang ingin menyembuhkan berbagai penyakit.

Untuk mengunjungi Pantai Pusat Laut (Pusentasi), wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5 ribu untuk anak-anak, Rp 10 ribu untuk dewasa, dan Rp 15 ribu untuk wisatawan asing. Namun, harga-harga tersebut hanya berlaku di hari Minggu dan hari besar keagamaan saja, selebihnya pengunjung hanya dikenakan biaya senilai Rp 2500.

Bagaimana, kawan GNFI tertarik tidak untuk berkunjung dan berwisata langsung menikmati surga tersembunyi di tanah Palu? Jangan lupa untuk selalu menjaga wilayah tersebut ya, dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bangga Indonesia!


Sumber: Kumparan

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau33%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Yaisha Putri Yasandi, Atlet Muda Indonesia yang Siap Tampilkan Pemainan Terbaik di Asian Games 2018 Sebelummnya

Yaisha Putri Yasandi, Atlet Muda Indonesia yang Siap Tampilkan Pemainan Terbaik di Asian Games 2018

Dibanderol Sejutaan, Xiaomi Boyong Redmi 9 Ke Indonesia. Vivo X Series Kapan? Selanjutnya

Dibanderol Sejutaan, Xiaomi Boyong Redmi 9 Ke Indonesia. Vivo X Series Kapan?

Aninditya Ardhana Riswari
@anindityaar_1997

Aninditya Ardhana Riswari

anindityaardhana.wordpress.com

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.