bermodal kulit jeruk, mahasiswa Indonesia sabet medali emas di jepang

bermodal kulit jeruk, mahasiswa Indonesia sabet medali emas di jepang
info gambar utama

Kabar gembira kembali datang dari negeri matahari terbit. Bendera Indonesia kembali berkibar di panggung tertinggi untuk ajang Japan Design and Invention Expo 2018 yang diadakan pada 3 - 5 agustus kemarin. Pada acara tahunan tersebut, Indonesia berhasil menyabet medali emas untuk event yang diikuti oleh puluhan perwakilan dari negara di Benua Asia dan Benua Eropa tersebut.

Adalah dua anak muda asal Universitas Hasanuddin, Tri Puspita Roska dan A. Ameilia Sari Riyandika yang berhasil mengharumkan nama bangsa di event yang diadakan di Tokyo tersebut. Mereka berangkat ke Jepang dengan keterbatasan biaya. Sehingga, tim yang aslinya berjumlah empat orang tersebut, hanya diwakili oleh dua orang saja.

Dengan berbekal invensi hasil PKM penelitiannya, Tita, sapaan akrab Tri Puspita Roska dan kolega berhasil meraih raihan poin tertinggi di bidang biotechnology , health and fitnes. Mereka meneliti tentang wound dressing dalam bentuk patch untuk luka bakar yang memanfaatkan ekstrak kulit jeruk manis dan bioselulosa dari fermentasi air kelapa.

Capaian ini, menjadi raihan kedua Tri Puspita Roska di ajang internasional. Sebelumnya, dara 21 tahun tersebut berhasil meraih dua medali emas di Bangkok International Intellectual Property Invention Innovation and Technology Exposition (IPITEx 2018) pada februari kemarin.

Sumber : Wawancara langsung

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini