iPusnas, Rak Buku Digital Milik Pepustakaan Nasional

iPusnas, Rak Buku Digital Milik Pepustakaan Nasional
info gambar utama

Memperoleh informasi pada era digital semakin mudah. Kemudahan – kemudahan ini didukung oleh internet yang menjadi sarana persebaran informasi. Salah satu sumber informasi adalah buku.

Akses untuk membaca buku semakin mudah. Banyak platform yang menyediakan buku elektronik bagi orang – orang yang membutuhkan suatu informasi. Salah satunya adalah iPusnas. Aplikasi buatan Perpustakaan Nasional ini hadir membantu masyarakat dalam memperoleh informasi.

Buku – buku yang ada di aplikasi iPusnas dapat diakses secara gratis oleh masyarakat. Koleksi buku yang ada di dalam aplikasi itu berbasis Digital Right Management (DRM). Buku dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

Aplikasi iPusnas sendiri telah diluncurkan sejak dua tahun lalu. Aplikasi ini diluncurkan pada 16 Agustus 2016. Aplikasi ini menjadi solusi bagi masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk pergi ke perpustakaan nasional.

Aplikasi ini dapat digunakan pada telepon pintar berbasis android maupun iPhone. Pengguna yang tidak memiliki telepon pintar bisa mengakses perpusnas melalui personal computer. Aplikasi dapat diunduh di Google Play bagi pengguna android. Pengguna iPhone dapat mengunduhnya di Appstore, dan mengunjungi www.ipusnas.id bagi yang menggunakan personal computer.

Sebelum memanfaatkan fasilitas yang ada di iPusnas, pengguna perlu mendaftar menjadi anggota. Pendaftaran anggota dapat dilakukan secara online. Pengguna atau pemustaka hanya perlu mengisi beberapa data seperti nama, email, dan password untuk mendaftar menjadi anggota.

Meskipun terbilang baru, aplikasi ini telah memiliki ribuan buku dan jurnal penelitian. Koleksi buku yang tersedia dikelompokkan dalam banyak genre, seperti fiksi, bisnis dan ekonomi, humaniora, komunikasi dan jurnalis, seni, anak, agama, teknologi, dan masih banyak lagi.

Seperti perpustakaan pada umumnya, setiap pengguna harus mengikuti aturan yang dibuat. Pemustaka hanya bisa meminjam tiga buku dengan durasi peminjaman tiga hari.

Pengguna tak hanya mendapat kesempatan untuk membaca buku. Setiap pengguna dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya. Pengguna juga dapat memberikan ulasan terkait buku yanag ada.

Namun kelemahan dari iPusnas adalah sedikitnya copy dari setiap buku. Jika satu buku hanya memilki 10 copy dan kesemuanya telah dipinjam, maka peminjam selanjutnya garus mengantre. Jumlah yang sedikit ini perlu ditambah untuk melayani pengguna di seluruh Indonesia.

Dengan adanya aplikasi ini, semoga masyarakat semakin mudah dalam memperoleh informasi yang terpercaya.

Sumber : metrotvnews.com | ipusnas.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini