Satelit Merah Putih Milik Telkom Indonesia Berhasil Diluncurkan

Satelit Merah Putih Milik Telkom Indonesia Berhasil Diluncurkan

© SpaceX

Misi peluncuran satelit Merah Putih milik Telkom Indonesia telah dilaksanakan di Cape Canaveral Air Force Station, Florida Amerika Serikat tepat pada pukul 01.18 waktu setempat atau pukul 12.18 WIB. Satelit yang akan menjadi garis depan dalam industri telekomunikasi Telkom Indonesia di tingkat internasional tersebut berhasil dilepaskan dari modulnya dan akan menempati posisi 108 Bujur Timur atau di atas Selat Karimata.

Direktur Utama Telkom Indonesia, Alex Sinaga pun mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan doa berbagai pihak untuk keberhasilan misi ini. Dirinya pun menjelaskan bahwa pengoperasian satelit Merah Putih masih menunggu waktu.

"Peluncuran telah selesai namun membutuhkan waktu untuk bisa mencapai orbit untuk bisa dioperasikan. Diperkirakan (bisa beroperasi) bulan September yang akan datang," jelasnya melalui sambungan telekonferensi dari Florida Amerika Serikat.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara juga mengucapkan selamat atas keberhasilan peluncuran satelit Merah Putih. Dirinya sangat mengapresiasi keberhasilan ini dan menganggapnya sebagai sebuah pencapaian bagi industri telekomunikasi di Indonesia.

"Peluncuran satelit ini bermakna strategis. Dari segi kapasitas kita masih membutuhkan banyak kapasitas satelit. Semoga dengan peluncuran satelit ini menjadi milestone bagi kita, milestone bagi industri telekomunikasi di Indonesia," jelas Rudiantara.

Foto: SpaceX
Foto: SpaceX

Dirinya pun yakin bahwa ke depan, Telkom Indonesia akan terus meluncurkan satelit-satelit baru dengan kapasitas yang baru maupun dengan teknologi yang baru.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno juga tidak ketinggalan mengucapkan kebanggannya terhadap prestasi ini. Ia mengaku turut bangga dan berharap agar Telkom Indonesia bisa terus hadir untuk negeri. Satelit ini menurutnya akan bisa berkontribusi dalam membangun infrastruktur teknolgi komunikasi dan informasi.

"Sehingga dapat mewujudkan pemerataan akses informasi kepada masyarakat Indonesia di pelosok. Semoga satelit Merah Putih dapat meningkatkan daya saing bangsa dan turut memajukan ekonomi digital nasional dan menjadikan Indonesia sebagai kekautan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara," ujar Rini.

Satelit Merah Putih sendiri merupakan satelit yang dibuat oleh Space System Loral (SSL) dari Amerika Serikat. Satelit ini merupakan satelit ke-10 berbendera Telkom Indonesia. Satelit ini memiliki 64 transponder yang akan menjangkau wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan dan akan menjalani misi selama 15 tahun. Satelit Merah Putih diperkirakan akan berada di atas Selat Karimata dalam waktu kurang lebih 11 hari setelah berhasil diluncurkan.

Bagi yang ingin menonton siaran peluncuran satelit kebanggaan ini, bisa mengunjungi rekaman peluncuran satelit Merah Putih milik SpaceX berikut.

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Wahana Baru Surabaya Rencana Diresmikan Akhir Tahun Sebelummnya

Wahana Baru Surabaya Rencana Diresmikan Akhir Tahun

Pelajaran Berharga Bangsa: Meninggalnya "Rudy" BJ Habibie Selanjutnya

Pelajaran Berharga Bangsa: Meninggalnya "Rudy" BJ Habibie

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.