Belasan Kebudayaan Bali Masuk dalam Daftar Warisan Budaya Tak Benda. Apa saja?

Belasan Kebudayaan Bali Masuk dalam Daftar Warisan Budaya Tak Benda. Apa saja?

The Jakarta Post

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Indonesia memang negara yang memiliki ratusan atau bahkan ribuan kebudayaan yang tersebar diberbagai daerah. Warisan tersebut antara lain kuliner, acara adat, lagu-lagu daerah, dan lain-lain. 125 warisan budaya Indonesia dari 35 provinsi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia tahun 2018 ini. Dari jumlah tersebut, 13 di antaranya berasal dari Bali.

13 budaya tersebut adalah Siat Geni Desa Adat Tuban, Jegog, Terompong Beruk, Megibung, Mesabat-sabatan Biu, Songket Beratan, Baris Wayang Lumintang, Tari Baris Cina, Basmerah, Ngarebong, Seni Lukis Batuan, Tari Taruna Jaya, dan Nyakan Diwang.

I Gusti Ngurah Bagus Mataram , Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, ketika dikonfirmasi oleh tribunnews pada Sabtu (4/8/2018) sore mengatakan, Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (nasional) ini ditetapkan Jumat (3/8/2018), di Hotel Millennium Kebun Sirih, Jakarta.

"Denpasar mengusulkan empat warisan budaya tak benda dan masuk keempatnya," kata I Gusti Ngurah Bagus Mataram yang dikuti dari laman Tribunnews.

Untuk Kota Denpasar sendiri, Warisan Budaya Tak Bendanya yaitu Tari Baris Wayang Lumintang sebagai seni pertunjukan, Tari Baris Cina Renon dan Sanur sebagai seni pertunjukan, Basmerah (Nyambleh Sasih Kanem) Desa Taman Pohmanis sebagai adat istiadat masyarakat, ritus, dan perayaan, serta Ngarebong Kesiman sebagai adat istiadat masyarakat, ritus, dan perayaan.

Ia juga menambahkan, Ini tujuannya agar warisan budaya tak benda terdaftar dalam portal inventarisasi nasional dan menghindari klaim-klaim dari negara tetangga, dan selanjutnya melalui tingkat nasional akan diteruskan menjadi tingkat dunia (warisan budaya dunia) oleh UNESCO.

Sumber : TribunNews Bali.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi33%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Presiden Zanzibar Tertarik Bisnis Rumput Laut RI Sebelummnya

Presiden Zanzibar Tertarik Bisnis Rumput Laut RI

Menyaksikan Cara Seniman Memberi HIburan Saat Sedang #dirumahaja Selanjutnya

Menyaksikan Cara Seniman Memberi HIburan Saat Sedang #dirumahaja

Fachrezy Zulfikar
@fachrezy

Fachrezy Zulfikar

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.