Mentari dari Turki 2018 - Sebuah Pengabdian di Belitung

Mentari dari Turki 2018 - Sebuah Pengabdian di Belitung

Program Mentari dari Turki di Belitung (Sumber : PPI Turki)

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Mentari dari Turki – Salah satu program Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Turki ke-4 yang telah dilaksanakan berturut-turut dari tahun 2014,2015,2017 dan akan dilaksanakan pada tahun 2018, sedangkan kegiatan dengan mengusung konsep Program Desa Binaan Bersama PPI Turki 2018 merupakan kegiatan tahun ke-2 setelah sebelumnya diadakan di Desa Mekarmanik, Kecamatan Bojongmanik, Kabupten Lebak, Provinsi Banten pada tahun 2017. Pada tahun ini kegiatan berlokasi di Desa Gunung Riting, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Beltitung dengan tema acara “Merajut Cita Bumi Serumpun Sebalai” yang terbagi menjadi 5 kegiatan utama terdiri dari Kegiatan Pendidikan yang akan dinarasumberi oleh Bpk. Marbawi A. Katon, S. Sos. M. Si (Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Perencanaan, Pengembangan dan Kerjasama), Kegiatan Ekonomi dinarasumberi oleh Bpk. Waluyo Sutopo (Tim Ahli Pertanian CV. Nes Gemilang Internasional) dan Bpk. Rofik Hananto, S.E (Direktur Pemasaran Herbal Network Indonesia), Kegiatan Sosial dan Budaya oleh Primalita Putri Distina (Duta Wisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung) dan Cinderi Maura Restu, S. Farm (Putri Indonesia Bangka Belitung 2016) serta akan diisi oleh Avida Lale Sabitova (Runner Up Putri Muslimah Asia 2018) dan Hatice Beyza Demir (Putri Muslimah Asia Berbakat 2018) yang keduanya merupakan Perwakilan Putri Muslimah Asia dari Negara Turki, Kegiatan Kesehatan akan dilaksanakan pemeriksaaan kesehatan oleh perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Qori Fitrah Ananda (Mahasiswi S1 Kedokteran Universitas Selcuk, Turki) serta Kegiatan Pariwisata “Pesona Belitung Beach Festival” yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung.

Desa Gunung Riting yang terpilih dari sayembara desa memiliki penduduk sebanyak 1.342 warga, 465 keluarga, 9 Rukun Tetangga (RT) dan 4 Rukun Warga (RW). Sarana dan prasarana yang sudah ada di desa antara lain, Taman Pendidikan Al- Qur’an (TPA), Sekolah Dasar (SD). Berdasarkan data pendidikan terakhir di Desa Gunung Riting memiliki orang yang bergelar sarjana sebanyak 21 orang, lulusan diploma 5 orang, lulusan SMA 15 Orang, lulusan SMP 145 orang dan yang belum pernah mengenyam pendidikan dalam usia kurang dari 25 tahun sebanyak 500 orang. Oleh sebab itu, berbagai acara pendukung juga akan dilaksanakan, yakni Pembangunan Taman Bacaan Desa Gunung Riting oleh Tim Mentari dari Turki, Mengaji Bersama yang akan diisi oleh Ustadz Asep Hermawan, Diskusi Remaja “Menjadi Pemimpin yang Ideal” yang akan dinarasumberi oleh Arif Darmawan (Konsultan Kementrian Bappenas & Alumni Magister Ekonomi Universitas Marmara, Turki), Gesta Fauzia Nurbiansyah S.IP (Ketua PPI Turki 2018-2019 & Kandidat Magister Studi Asia Selatan dan Hubungan Internasional Universitas Necmettin, Erbakan, Turki) dan Usamah Taqiyudddin (Ketua Panitia Mentari Dari Turki), Kegiatan Kelas Inspirasi yang akan dinarasumberi oleh Suryandaru (Pendiri Karya Muda Belitung) dan Nury Nabila Adnin (Kandidat Magister Lifelong Learning, Universitas Sakarya, Turki), Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) oleh panitia, sukarelawan dan siswa/siswi SD Negeri 16 Membalong, Kegiatan kunjungan ke rumah warga Sharing Hearing “Selangkah Lebih Dekat” dan Kerja Bakti oleh panitia, sukarelawan serta warga Desa Gunung Riting.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Semua rangkaian kegiatan Mentari dari Turki akan dilaksanakan pada tanggal 5-12 Agustus 2018 oleh panitia Mentari dari Turki yang berjumlah 25 orang, sukarelawan 16 orang, pengisi acara 19 orang, partner sinergi, media partner dan didukung sepenuhmya oleh warga Desa Gunung Riting. Acara Pembukaan kegiatan Mentari dari Turki akan dilaksanakan pada Hari Minggu, 5 Agustus 2018 pukul 09.00 WIB di lapangan samping Balai Desa Gunung Riting dengan pelepasan balon sebagai peresmiannya.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Program Desa Binaan di Desa Gunung Riting sendiri akan dilaksanakan dari tanggal 5-8 Agustus 2018, dilanjutkan dengan Kegiatan Promosi Pariwisata Belitung kepada Warga Negara Turki pada tanggal 9 Agustus 2018 dengan berjalan-jalan menyambangi salah satu 6 pulau wisata yang ada di Belitung, kemudian menghadiri acara “Pesona Belitung Beach Festival” pada tanggal 10-12 Agustus 2018. Adapun kegiatan Mentari dari Turki disponsori oleh beberapa pihak dan donatur dari Turki maupun Indonesia.

Kegiatan Mentari dari Turki bertujuan mewujudkan desa yang mandiri untuk mencapai masyarakat yang cerdas, sehat, sejahtera dan berkearifan lokal. Landasan dan pemikiran dalam tujuan tersebut adalah sebuah dedikasi dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Turki sebagai wadah para pelajar Indonesia di Turki untuk meningkatkan kepeduliannya dengan sesama dan mengambil peran nyata dalam bidang pengabdian kepada Bangsa Indonesia.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Melalui PPI Turki dengan sebuah Program Desa Binaan yang bernama Mentari dari Turki diharapkan masyarakat lebih peduli terhadapat permasalahan ataupun perkembangan dari sektor pendidikan sejak dini untuk kemajuan bangsa, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang berpotensi besar dalam bidang ekonomi, menanamkan kesadaran kesehatan diri dan lingkungan, membangun jiwa gotong royong, menjaga kearifan lokal masyarakat setempat dengan kegiatan berbudaya agar tetap menjadi identitas dan warisan yang utuh serta bersinergi mempromosikan dan meningkatkan sektor pariwisata di Desa Gunung Riting dan sekitarnya.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga43%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi14%
Pilih TerpukauTerpukau43%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Tiga Pulau Terluar Karimunjawa Ini Beralih ke Solar PV Sebelummnya

Tiga Pulau Terluar Karimunjawa Ini Beralih ke Solar PV

Wow! Indonesia Menjadi Salah Satu Negara  Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia Selanjutnya

Wow! Indonesia Menjadi Salah Satu Negara Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia

PPI TURKI
@ppi_turki

PPI TURKI

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.