Ubah Daun Kemangi Jadi Spray Anti-Stress

Ubah Daun Kemangi Jadi Spray Anti-Stress
info gambar utama

Indonesia adalah negara katulistiwa yang diberkahi oleh tuhan, dengan kesuburan tanah yang dimiliki negara ini dapat menumbuhkan berbagai tumbuhan. Contoh tumbuhan yang sering terlihat adalah Daun kemangi, saat ini daun kemangi hanya terkenal menjadi santapan lalapan seperti timun dan kubis. Namun daun kemangi banyak mengandung manfaat yang belum di ketahui.

Mahasiswi Unair Surabaya menciptakan inovisi baru dengan mengubah daun kemangi sebagai spray yang berkhasiat sebagai alternative menurunkan stress orang. Diyakini oleh tim mahasiwa itu sejauh ini belum ditemukan industry obat-obatan yang menjual produk anistress, sehingga berpontesi untuk dikembangkan.

Irmayanti Tri Kurnia, Nisa’ur Rosyidah, Melly octaviany, Ummi Khoriun Nisa, dan Zaida Nur Imana adalah nama-nama dibalik inovasi yang di ciptakan oleh mereka adalah mahasiswi jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Mereka adalah tim dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKMK) 2018. Mereka menuliskan inovasinya di dalam prorosal yang berjudul “B-FRESS (Body Fragrance Spray Anti-Stress) Body Spray Ekstraksi Tanaman Kemangi (Ocimum Sanctum L) Sebagai Upaya Mengurangi Tingkat Stres.”

Dengan bimbingan dosen Harsasi Setyawati, S.Si, M.Si., proposal tersebut dapat lolos Dikti dan memperoleh hibah dana penelitian Kemenristekdikti dalam program PKM tahun 2018.

Irmayanti Tri Kurnia sebagai ketua tim PKMK menjelaskan, fenomena tingginya tingkat stress di masyarakat itu dapat diketahui setelah tim menyebar kuesioner secara online dan offline. Hasilnya, tingkat stress tidak hanya dialami oleh kalangan mahasiswa-mahasiswi, tetapi banyak pekerja berat di kantor, rumah, pabrik, dan lain-lain, yang disebabkan oleh tingginya berbagai tekanan dalam kehidupan.

”Terlebih lagi bahwa selama ini kebanyakan masyarakat menggunakan obat-obatan sintesis kimia untuk mengurangi stresnya, dan sebenarnya itu justru berpotensi menyebabkan ketergantungan serta dapat membahayakan kesehatannya dimasa depan,” tambah Irmayanti.

Aroma daunnya yang kha situ karena kandungan sitral yang tinggi, sehingga daun kemangi mengandung senyawa flavonoid dan berperan sebaga anti-stress yaitu zat adaptogen zat yang mampu membantu tubuh mengendalikan stress dan keseimbangan mental.

Nisa’ur Rosyidah menambahkan, proses pembuatan ekstrak kemangi ini diawali dengan melakukan maserasi menggunakan etanol 70% ini digunakan sebagai bahan sterilisasi, juga sebagai pengawet, setelah dimaserasi, etanol diuapkan menggunakan vacuum rotaryevaporator, sehingga hanya tersisa ekstrak kemangi murni. Kemudian lanjut ke proses pencampuran ekstrak kemangi dengan bahan tambahan lain seperti gliserin dan akuades.

Penggunaan B-FRESS cukup mudah, hanya dengan menyemprotkan ke wajah sebanyak 2-3 semprotan dalam sekali pemakaian. Tidak menggunakan obat (kapsul) karena tidak semua orang mampu menelan obat (kapsul) secara oral, aromaterapinya langsung terhirup sehingga wajah langsung terlihat segar danpikiran juga langsung rileks.

Spray ini dijual dengan harga yang terjangkau, dengan botol isi 50 ml dijual dengan harga Rp 17.500/botol.


Sumber:news.unair.ac.id/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini