Masih dalam rangkaian acara Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Indonesia (Hakteknas) ke-23 di tahun 2018 dengan acara puncak yang diadakan di Kota Pekanbaru, Riau ini berlangsung sebuah kompetisi produk inovasi nasional.

Kegiatan tersebut dihadirkan sebagai ajang bagi komunitas iptek untuk mengekspresikan karya produk inovasinya dengan tiga tujuan, yakni; 1) Mendapat gambaran tentang produk inovasi yang sudah berkembang dan yang prospektif untuk dikembangkan; 2) Memberikan penghargaan kepada mahasiswa, peneliti, perekayasa, dosen, dan masyarakat yang telah berhasil mengembangkan hasil invensinya menjadi produk inovasi, dan 3) Membangun budaya inovasi, dalam upaya menghilirisasi hasil penelitian dan pengembangan.

Aktivitas kompetisi tersebut telah berlangsung mulai dari bulan Juni hingga Agustus, dan ketiga Pemenang Lomba Produk Inovasi Nasional tersebut diberikan penghargaan pada Malam Apresiasi yang merupakan rangkaian acara Peringatan Hakteknas ke-23 pada tanggal 10 Agustus di Pekanbaru, Riau tepatnya di kawasan gubernuran Riau.

Lomba inovasi nasional terdiri dari tiga kategori peserta yaitu Masyarakat, Start Up, dan Industri dengan tiga bidang fokus lomba yaitu pangan, energi, dan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Kategori Masyarakat dimenangi oleh Niken Tantining dan Rina Widyawati dengan inovasi Tabung Penggorengan Anti Kolesterolnya. Kategori Start Up oleh ITS Tekno Sains dengan inovasi AISITS (Automatic Identification System - Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Dan Industri oleh PT. INTI dengan inovasi ADS-B (Automatic Dependent Surveillance Broadcast) Ground Station.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Niken & Rina menerima pendanaan atas inovasinya tabung penggorengan anti kolesterol | Foto:  Vita Ayu Anggraeni / GNFI

Masing-masing pemenang lomba mendapatkan pendanaan/insentif dalam rangka hilirisasi produknya.


*GNFI

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu