Dengan luas wilayah 47.922 km², Jawa Timur merupakan salah satu provinsi terbesar di Indoneisa dengan destinasi wisata yang banyak dan terkenal seperti Gunung Bromo, Pulau Sempu, dan lain-lain. Dalam hal Kuliner Jawa Timur tidak kalah dengan daerah lain  dalam kelezatan makanan khas daerah.

Makanan khas Jawa Timur terkenal dengan makanan yang menggunakan terasi dan pedas untuk menambah rasa pedas makanan karena sesuai dengan lidah orang Jawa Timur.

Berikut inilah tujuh makanan khas Jawa Timur yang wajib kalian coba saat berkunjung di Jawa Timur :

  1. Rawon

Rawon

Dengan Ciri khas masakan ini yang memiliki kuah warna hitam, rawon adalah sup daging dengan kuah yang berwana hitam sebagai bumbu khas yang menggunakan kluwek. Beberapa bahan bumbu yang dipakai adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, dan lain-lain.

  1. Rujak Cingur

rujak cingur

Asal dari rujak cingur adalah kota Surabaya, Nama rujak Cingur ini adalah menggunakan salah satu bahan utama pada rujaknya yakni irisan daging mulut (cingur) sapi. Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan tempe, tahu, timun, nanas, londong, cingur serta sayuran kecambang, kangkong dan bumbu oalahan kacang, petis, cabai, bawang merah serta irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda.

  1. Soto dok

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Soto ini terkenal di kota Jombang namun sudah banyak tersebar di daerah Jawa Timur, soto ini tidak seperti Soto Lamongan yang menggunakan ayam sebagai lauk di Soto Dok menggunakan irisan daging sebagai lauk. Sejumlah bumbu khas Indonesia seperti batang serai, daun jeruk parut, daun salam, bawang prei, sledri, bawang putih, bawang merah, merica, ketumbar, jinten, paladin, jahe, hingga kunyit untuk membuat soto ini.

  1. Nasi Krawu

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Nasi Krawu adalah kuliner dari kota Gresik, makanan ini adalah nasi dengan lauk sayatan daging sapi atau jeroan sapi, serundeng dan sambal terasi, Nasi Krawu biasanya disajikan dengan daun pisang yang membungkus nasi.

  1. Pecel

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Bahan utama pecel adalah beberapa sayuran yang di rebus sedemikian rupa, beberapa jenis sayurannya adalah tauge, bayam, kol, bunga turi, dan kangkong dengan di tambah sambal kacang yang dinikmati dengan rempeyek.

  1. Rujak Soto

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Rujak soto ini merupakan paduan unik antara rujak sayur dengan soto, kuliner ini terkenal di daerah Banyuwangi dengan irisan lontong, mentimun, tahu, tempe, dan sayuran pecel. Semua bahan makanan itu di taburi bumbu rujak.

  1. Tahu Campur

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Makanan ini terkenal di daerah Lamongan, Surabaya, Sidoarjo, dan Magelang. Makanan ini terdiri dari selada, tauge, lontong, mie kuning, tahu goreng, dan potongan lentho singkong yang menyatu kedalam kuah kaldu tetelan sapi yang gurih, dan tak lupa sambal petis untuk menambah cita rasa pedas.

Itulah beberapa makanan khas daerah Jawa Timur, Jika kalian mengunjungi daerah ini jangan lupa untuk mencoba makanan ini.


Sumber:idntimes.com/

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu