Mino Kit, Panduan Dasar dan Mudah Robotika

Mino Kit, Panduan Dasar dan Mudah Robotika

Mino Kit © Foto: Vita Ayu Anggraeni / GNFI

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Masih ingat ga ketika kita dulu masih sekolah, di zaman-zaman teknologi belum secanggih sekarang, saat melakukan praktek sains terhadap untuk uji listrik paralel dan seri? Masih ingat seperti apa bentuk alat yang digunakan?

Konstruksi konsep rangkaian listrik | Sumber: Kompasiana
Konstruksi konsep rangkaian listrik | Sumber: Kompasiana

Bantalan kuning dengan baterai besar dan kabel-kabel yang berfungsi sebagai media penghantar energi listrik di atas yang saya gunakan saat saya belajar praktek kelas Sains di bangku SD.

Saat saya berkesempatan untuk berkunjung ke pagelaran Ritech Expo 2018 yang diadakan di Kota Pekanbaru, Riau, Sumatra Timur saya terkagum-kagum oleh sebuah inovasi yang dipamerkan di expo tersebut.

Inovasi tersebut mirip dengan alat di atas namun lebih canggih, compact, menarik, simple, dan jauh lebih aman. Inovasi tersebut bernama Mino Kit, sebuah alat untuk belajar dasar-dasar robotika. Simple karena penggunaannya cukup seperti sedang bermain lego atau puzzle. Seperti bongkar pasang.

“Biasanya, anak sekolah kalau belajar robotika itu kan masih menggunakan kabel-kabel elektronik, nah kalau sudah makin kompleks biasanya makin membingungkan jika belajarnya menggunakan kabel, itu yang terkadang membuat anak sekolah mudah lupa untuk merangkainya, kalau menggunakan mino kit tinggal dibongkar dan pasang,” tutur Dwi Budi Prasetyo, CEO Mandike Instruments kepada Bisnis saat ditemui di salah satu stan pameran Kemenristekdikti Ritech Expo 2018.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Dwi Budi Prasetyo, CEO Mandike Instruments bersama inovasinya Mino Kit | Foto: Vita Ayu Anggraeni / GNFI

Budi menerangkan Mino Kit merupakan alat belajar dasar-dasar robotika, berbasis Arduino yang dikembangkan agar dapat mempermudah dalam merancang suatu sistem kendali robotika.

Cara memasangnya pun mudah karena menggunakan pasangan soket yang dilengkapi warna dan huruf sehingga dapat terhindar dari kesalahan pemasangan.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Komponen Mino Kit | | Foto: Vita Ayu Anggraeni / GNFI

“Jadi [karena berbentuk puzzle] tiap potongan ada pasangan warnanya, ada pasangan hurufnya, bahkan bisa dipasangkan lebih dari satu, mereka [anak sekolah] tidak akan khawatir salah pasang atau terbalik, tapi tidak menutup kemungkinan untuk memasang dari huruf ke satu ke huruf lainnya, asal tidak dibalik potongannya ke bawah,” jelasnya.

Mino Kit disebutkan aman digunakan oleh anak-anak karena terbuat dari bahan yang tidak runcing, material cat yang digunakan pun anti bahan kimia, jika disiram dengan bensin, tiner atau air garam tidak akan bereaksi.

“Jadi, anak-anak tidak akan lupa dan aman, Mino kit dilengkapi juga dengan buku panduan, kemudian ada CD, ada software-nya, ada contoh-contoh programnya, programnya dari PC atau dari laptop dengan kabel USB. Di dalam Mino Kit dilengkapi juga dengan 13 modul yang bisa digunakan langsung, dan modulnya terus kami upgrade di tiap bulannya,” tandas Budi.


*GNFI

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang33%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau67%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Cuplikan Ritech Expo 2018 Sebelummnya

Cuplikan Ritech Expo 2018

Misteri Hiu Purbakala Megalodon di Pangandaran Selanjutnya

Misteri Hiu Purbakala Megalodon di Pangandaran

Vita Ayu Anggraeni
@ayuvitaa

Vita Ayu Anggraeni

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.