Indonesia Punya Danau di Atas Danau

Indonesia Punya Danau di Atas Danau
info gambar utama

Pulau Samosir, Pulau ini berada tepat di tengah-tengah Danau Toba Provinsi Sumatera Utara dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut menjadikan pulau ini menjadi pulau yang menarik perhatian para wisatawan. Di Pulau Samosir terdapat berbagai objek wisata yang tidak hanya menarik, namun juga unik. Salah satunya adalah Danau di atas Danau toba yaitu Danau Aek Natonang, dan Danau Sidihoni.

  1. Danau Aek Natonang

(©ikaanggriani93)

Danau Aek Natonang terletak di Desa Tanjungan KEcamatan SImanindo, Pulau Samosir, Sumatera Utara, dengan luas sekitar 105 hektare. Desa Tanjungan merupakan salah satu desa yang terletak di dataran tinggi Pulau Samosir sehinga menjadikan udara di sekitar objek wisata menajdi dingin dan sejuk. Aksebilitas untuk mencapai Danau Aek Natonang kurang baik dikarenakan jalannya yang tidak mulus, tapi dengan keindahan, kejernihan, serta suasana yang tenang di danau Aek Natonang. Danau Aek Natonang adalah danau yang masih menjaga keasliannya karena tidak ada sarana permainan air seperti speed boat, banana boat, rafting dan lain-lain. Danau Aek Natonang akan menjadi indah saat sunset dan sunrise kmatahari dari balik bukit akan terpantulkan secara bias di atas air danau. Dengan kurangnya sarana dan prasarana di Danau Aek Natonang hendaknya mempersiapkan sebelum perjalanan wisata ke danau ini.

  1. Danau SIdihoni

(©samosirwisata.)

Danau Sidihoni berada di wilayah Desa Sabungan Nihuta, Kecamatan Longgur Nihuta, Kabupaten Samosir. Dilansir dari detik, danau ini berbentuk seperti mangkok yang memiliki luas hingga 5 hektar dengan air yang cukup jernih, danau ini terdapat lapangan luas berumput hijau dan perbukitan landai yang menambah segarnya pemandangan. Danau Sidihoni sehari-harinya digunakan oleh penduduk sekitar untuk mencuci dan mandi. Dari Pangguruan, ibukota Samosir, danau ini berjarak kurang lebih 8 kilometer dengan perkiraan waktu sekitar 30 menit perjalanan menggunakan motor. Dengan dikelilingi oleh padang rumput savana yang membuat danau ini lebih eksotis dan menjadikan area terbuka ini menjadi tempat bermain anak-anak. Dan tiket masuk di danau ini masih gratis.

Harapannya pemerintah daerah lebih memperhatikan potensii-potensi wisata yang ada di pulau samosir khususnya Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang sehingga bisa menjadikan mata pencaharian baru bagi warga setempat dan menjadi salah satu objek wisata yang unggul.


Sumber:detik.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini