7 Puncak Tertinggi Perwakilan Pulau Terbesar di Indonesia

7 Puncak Tertinggi Perwakilan Pulau Terbesar di Indonesia
info gambar utama

Bagi para pendaki gunung Indonesia juga memiliki seven summit seperti halnya sirkuit seven summit yang terkenal di dunia. Tujuh puncak gunung tertinggi di dunia ini dipilih karena gunung-gunung teresebut merupakan yang tertinggi di masing-masing benua.

Di Indonesia masing-masing gunung diambil dari tujuh pulau atau kepulauan utama yaitu Papua, Kepulauan Maluku, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, Kepulauan Nusa Tenggara, dan Sumatera. Konsep “The Seven Summit of Indonesia” ini tentunya membakar gairah dan memberikan tantangan bagi para pecinta alam yang hobby mendaki gunung untuk menaklukkannya.

  1. Pegunungan Jayawijaya

Pyramid Cartenz adalah sebutan untuk puncak Jaya WIjaya, puncak tertingginya mencapai 4.884 meter diatas permukaan laut (mdpl). Pegunungan Jaya WIjaya juga dikenal di Indonesia karena pegunungan ini adalah gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini letaknya di pulau Papua.

Puncak Gunung ini terdapat padang salju (gletser), walaupun Indonesia memiliki iklim tropis namun puncak Jaya Wijaya ini menjadi special karena menjadi satu-satunya gunung yang diselimuti salju di Indonesia. Suhu yang mencapai 0 derajat Celsius bahkan minus. Lelah terbayarkan saat anda menjejakkan kaki di puncak tertinggi di Indonesia ini. Pemandangan yang disuguhkan begitu mempersina saat matahari memantul mengenai putihnya salju sehingga menghasilkan kilauan-kilauan.

  1. Gunung Kerinci

Gunung berapi yang tertinggi di Indonesia adalah Gunung Kerinci yang terletak di Provinsi Jambi, Sumatera. Gunung ini dikelilingi oleh gutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) dan juga merupakan habitat Harimau Selatan dan Badak Sumatera. Puncak Gunung Kerinci berada di ketinggian 3.805 mdpl. Dari sini terbentang pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu bahkan hamparan luas Samudera Hindia terlihat jelas.

Dengan Kawah berair hjau 400 c 120 meter dengan kedalaman 600 meter turut mempercantik gunung berapi stratovolcano yang masih aktif. Dalam mendaki puncaknya dibutuhkan waktu dua hari dimulai dari Pos Kresik Tuo yang berada di ketinggian 1.400 mdpl.

  1. Gunung Rinjani

Dengan ketinggian 3.726 mdpl gunung ini memiliki keindahan pemandangan yang menajdi favorit bagi pendaki Indonesia. Gunung berapi tertinggi kedua setelah Gunung Kerinci ini berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dengan suhu rata-ratanya sekitar 20 derajat Celsius hingga 12 derajat celsiuis. Di sebelah baratnya memiliki kaldera seluas 3.500 x 4.800meter memanjang kea rah timur dan barat. Terdapat segara anak sebuah danau nan cantic seluas 11.000.000 meter persegi dengan kedalaman 230 meter. Yang terdapat banyak ikan mas dan juga ikan mujair yang biasanya digunakan untuk memancing.

  1. Gunung Semeru

Dengan bentuk kerucut menjulang tinggi di Jawa Timur bernama Gunung Semeru, yang masih dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memiliki puncak yang dikenal dengan nama Mahameru yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl. Dan kawah di puncaknya dikenal dengan nama Jonggring Saloko.

Semeru juga memiliki Kawasan Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dupterikarp Atas, Hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Puncak Mahameru suhu berkisar antara 0-4 derajat celsiuis dan rata-rata gunung semeru pada malam hari sekitar 3-8 derajat Celsius.

  1. Gunung Latimojong

Gunung tertinggi di Sulawesi ini berada di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Pegunungan yang membentang dari selatan ke utara ini, memiliki puncak yang dinamakan Rante Mario dengan ketinggian 3.450 mdpl. Masih bisa dijumpai anoa dan babirusa. Sementara hutannya termasuk dalam tipe ekosistem Hutan Montana dengan Ketinggian rata-rata 2000-3000 mdpl.

Ada beberapa puncak yang membentang di pegunungan Latimojong yaitu Pantealoan (2.500 mdpl) dan Pokapinjang (2.970 mdpl), keduanya membentang dari Barat ke Timur. Sedangkan yang membentang dari Utara ke Barat yaitu Rante Mario (3.443 mdpl), Nenemori (3.397 mdpl), Latimojong (3.305 mdpl), Rante Kambola (3.083 mdpl), Sujiking (2.754 mdpl), Bajaja (2.706 mdpl), Lapande (2.457 mdpl ) dan SInaji (2.430 mdpl).

  1. Gunung Binaiya

Kepuluan Maluku, Pulau Seram menjadi tempat berdirinya gunung tertinggi ini, dengan ketinggian 3.055 mdpl. Gunung ini juga dikenal dengan nama “Mutiara Nusa Ina” ini masuk dalam Taman Nasional Manusea seluas 189.000 hektare dan mempunyai hiutan Montane serta Hutan Eri caceous, Gunung non-vulkanik ini memiluki medan pendakian yang bervariasi, seperti hutan ekosistem pantai, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, hutan hujan pegunungan, dan hutan sub alpin.

  1. Gunung Bukit Raya

Letaknya di Perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah di Kabupaten Katingan. Gunung yang merupakjan bagian dari Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBB) memiliki ketinggian 2.278 mdpl. Meskipun tidak terlalu tinggi mendaki Bukit Raya merupakan tantangan luar biasa karena letaknya yang jauh dari kota membutuhkan waktu paling cepat dua hari untuk sampai pada kaki Gunung Bukit Raya. Dan memiliki biaya termahal setelah Cartens Pyramid.

Itulah The Seven Summit of Indonesia yang menunggu kalian para pendaki gunung untuk di taklukkan.


Sumber:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini