Google Doodle Turut Rayakan HUT Taman Nasional Bunaken

Google Doodle Turut Rayakan HUT Taman Nasional Bunaken
info gambar utama

Taman Nasional Bunaken yang terletak di Kota Manado, Sulawesi Utara hari ini (14/8/18) merayakan hari jadinya yang ke-27. Google doodle turut merayakan bersama hari jadi Taman Nasional Bunaken tersebut dengan menampilkan keindahan alam bawah laut Taman Nasional Bunaken dalam doodle hari ini (14/8/18).

Google selalu merayakan hari-hari penting di dunia dengan grafis yang dikenal dengan Google Doodle di halaman mukanya.

Google Doodle rayakan hari jadi Taman Nasional Bunaken | Sumber: Google
info gambar

Taman Nasional Bunaken terletak di Segitiga Terumbu Karang menjadikannya rumah bagi 390 spesies karang, spesies ikan, moluska, reptil, dan mamalia laut. Didirikan pada tahun 1991, 58 jenis karang dan lebih dari 90 spesies ikan yang berada di lima pulau dan perairan yang terletak di Taman Nasional Bunaken diberikan perlindungan oleh pemerintah Indonesia.

Dimana penyu sisik Hawksvill mendiami terumbu karang di kawasan seluas 890 kilometer persegi ini bersama kawanan damselfish, clownfish, angelfish, dan sejumlah penghuni laut cantik lainnya.

Lima pulau di kawasan ini; Bunaken, Manado Tua, Mantehage, Nain, dan Siladen dikelilingi oleh habitat laut yang jumlahnya mencapai 97 persen dari area tersebut.

Papan penyambut di Bunaken | Sumber: Blogspot
info gambar

Sekitar 350 ribu orang menggantungkan hidupnya pada habitat laut Bunaken. Kebanyakan berprofesi sebagai nelayan, ada juga yang bekerja sebagai petani budidaya kelapa, ubi jalar, pisang, dan rumput laut untuk kebutuhan ekspor.

Kerapu, kakap, dan pakan napoleon merupakan sebagian kecil dari 70 persen keanekaragaman hayati yang ada di bawah laut Taman Nasional Bunaken.

Taman Nasional Bunaken masuk dalam salah satu daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Setiap tahunnya, ada 8-10 ribu pengunjung yang turut menghidupi pariwisata Bunaken.

Sumber: CNN Indonesia | Tribun

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini