Produksi Cengkeh Indonesia Diperkirakan Membaik Tahun Ini

Produksi Cengkeh Indonesia Diperkirakan Membaik Tahun Ini
info gambar utama

Cengkeh merupakan salah satu komoditi andalan Indonesia. Produksi Cengkeh pada tahun ini diperkirakan mampu menembus angka 110.000 ton. Cuaca yang baik membuat panen bisa lebih baik dari tahun lalu.

Tahun lalu produksi cengkeh mengalami masalah akibat cuaca yang buruk. Produksi dalam negeri tahun lalu kurang lebih sebesar 15.000 ton. Tahun lalu merupakan tahun yang buruk bagi petani cengkeh.

Pada tahun – tahun sebelumnya, produksi petani cengkeh cukup stabil. Secara umum, produktivitas lahan per hektar mampu menghasilkan 200 – 250 kilogram.

Produksi yang membaik pada tahun ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan cengkeh sekitar 100.000 – 110.000 ton tiap tahunnya.

Meskipun produksinya membaik, ternyata harga cengkeh masih jauh dari standar. Harga normal berkisar di angka Rp. 120.000 – Rp. 130.000 per kg. Namun kini harga cengkeh berada di kisaran Rp. 80.000 hingga Rp. 90.000 per kg.

Sekjen Asosiasi Petani Cengkeh Indonesia (APCI) I Ketut Budiman kepada kontan, mengatakan hal tersebut salah satunya dikarenakan kondisi cuaca yang kurang baik.

Harga cengkeh yang bergantung pada produksi rokok juga menjadi masalah. Industri rokok menjadi penyerap terbesar cengkeh di Indonesia. Jika produksi rokok menurun, maka serapan cengkeh pun akan menurun. Sebanyak 90% lebih produksi cengkeh ditujukan untuk industri rokok.

Dengan kondisi seperti itu, harga cengkeh sangat ditentukan oleh pedagang dan pabrik.

Sejak beberapa tahun lalu kelompok anti rokok juga banyak bermunculan. Keberadaan kelompok ini secara tidak langsung mempengaruhi produksi cengkeh.

“Gerakan anti tembakau atau rokok yang begitu masif tak dipungkiri sangat berpengaruh pada serapan cengkih,” terang I Ketut Budiman.

Tahun ini waktu panen diperkirakan bergeser karena terlambatnya waktu pembungaan. Cengkeh yang biasanya berbunga pada Januari, sekarang berbunga pada Maret. Waktu panen diperkirakan akan jatuh pada bulan Juli hingga September.

Produsen cengkeh sendiri bisa ditemui hampir di seluruh Indonesia. Namun, wilayah yang paling banyak memproduksi cengkeh adalah Sulawesi dan Maluku. Di Pulau Jawa sendiri, produsen terbesarnya adalah propinsi Jawa Timur.


Sumber: kontan.co.id | tribunnews.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini