Selain Api Abadi Mrapen, Inilah 5 Api Abadi yang Ada di Indonesia

Selain Api Abadi Mrapen, Inilah 5 Api Abadi yang Ada di Indonesia
info gambar utama

Dalam penjelasan ilmiah api abadi merupakan fenomena geologi alam berupa keluarnya gas alam dari dalam tanah yang kemudian tersulut api, sehingga tercipta api yang tidak pernah padam.

Di Indonesia, terdapat api abadi yang sangat populer dan baru-baru ini dijadikan salah satu sumber dari api obor untuk Asian Games 2018. Adalah api abadi Mrapen, api abadi ini terletak di desa Manggarmas, kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Tetapi Indonesia tidak hanya memiliki satu api abadi saja. Berikut adalah api abadi yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia.

Api Abadi Kayangan Api

Api abadi ini terletak di kawasan hutan lindung di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Seperti fenomena api abadi pada umumnya, api abadi Kayangan Api ini disebabkan oleh gas alam yang keluar dari dalam tanah.

Keindahan api abadi ini juga didukung dengan lokasinya yang berada di hutan lindung yang asri. Konon, dalam sejarahnya api ini telah ada sejak masa Kerajaan Majapahit.

Api Abadi Bekucuk

Terletak di Dusun Bekucuk, Tempuran, Mojokerto, api abadi ini ditemukan pada tahun 1933. Uniknya, api abadi ini keluar pertama kali di atas permukaan air kolam. Akses ke tempat wisata ini cukup mudah, terletak sekitar tiga kilometer dari pusat Kota Mojokerto.

Sejarahnya api ini digunakan pada masa kerajaan Majapahit untuk membuat senjata, seperti keris.

Api Tak Kunjung Padam

Berbeda dengan api abadi Mrapen dan Kayangan Api yang tak akan mati jika terkena hujan. Api abadi yang terletak di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Madura ini akan padam namun setelah hujan berhenti api tersebut kembali menyala dengan sendirinya.

Tak jauh dari pusat Kota Pamekasan yakni hanya 4 kilometer atau sekitar 15 menit, api abadi ini konon muncul karena tongkat sakti seorang bernama Ki Moko.

Api Abadi Sungai Siring

Selain berada di pulau Jawa, api abadi ini terdapat di pulau Kalimantan. Terletak di Dusun Bambu Kuning, Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda, Kalimantan Timur. Api abadi ini pernah digunakan sebagai sumber api untuk obor Pekan Olah Raga Nasional (PON) XVII pada 2008.

Api Biru Abadi Kawah Ijen

Selain Mrapen, api abadi ini juga sangat dikenal oleh masyarakat luas. Berada di kawasan Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, api abadi ini sering dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara.

Selain memiliki api abadi ini yang unik karena berwarna biru, fenomena alam yang diakibatkan oleh sublimasi gas belerang dan suhu yang dikeluarkan dapat mencapai suhu 200 derajat Celsius.


Sumber: IDNtimes.com, merahputih.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini