5 Buah Khas Papua yang Memiliki Banyak Khasiat

5 Buah Khas Papua yang Memiliki Banyak Khasiat

©infoherbalis

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Papua merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan berbagai jenis tanaman. Kurang lebih ada 16 ribu spesies tanaman yang tumbuh di Papua. Dari sekian banyaknya tumbuhan terdapat lima buah yang memiliki khasiat kesehatan seperti menjaga stamina, menjaga daya tahan tubuh dan lain-lain.

Inilah 5 buah yang hanya ada di Papua,

  1. Buah Matona

 (©coffesiana)

Di Papua ada dua jenis matoa yang terkenal, yaitu matoa kelapa dan matoa papeda. Matoa kelapa biasanya berwarna hijau dan memiliki tekstur daging buah yang kenyal dan kering, sedangkan matoa papeda berwarna merah keunguan dengan tekstur daging buahnya yang lembek dan sedikit lengket. Rasa dari buah matoa bermacam-macam, campuran dari rasa durian, kelengkeng, dan rambutan. Buah ini berkhasiat untuk mengatasi ambeien, melancarkan peredaran darah, mencegah hiperteni dan menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor.

  1. Buah Merah

(©kabardunia)

Buah Merah, atau bahasa latinnya Pandanus Conoideus adalah sejenis buah tradisional Papua. Termasuk ke dalam kelompok tanaman pandan-pandanan karena pohon dan daunnya menyerupai pandan, namun memiliki buah berbentuk lonjong dengan kuncup tertutup daun. Saat matang, buah ini akan berwarna merah marun dan karena itulah dinamakan Buah Merah. Di ambil dari beberapa sumber khasiat yang ada di Buah Merah sangatlah banyak penduduk papua yang berada di pegunungan Jayawijaya menajadikannya sebagai obat cacaing, penyakit kebutaan, dan penyakit kulit. Dan dilakukan pengamatan pada masyarakat Papua yang berbadan kekar, berstamina lebih tinggi, dan juga mereka yang jarang memakai baju di kondisi alam yang keras serta cuaca yang cukup dingin di puncak Jayawijaya, mereka sering mengkonsumsi buah merah di kesehariannya.

  1. Buah Woromo

(©woromopapua)

Buah ini memiliki terstur seperti buah nangka atau sukun, karena kulinya yang berduri tipis. Yang memiliki nama famili Pandanaceae. Buah Woromo terdiri dari dua komponen utama, yakni biji dan daging buah. Bijinya memiliki tekstur yang keras, biasanya masyarakat Papua, khususnya di wilayah pegunungan tengah Papua mengkonsumsi buah ini dalam bentuk fisik segar maupun dibakar. Sementara dagingnya, bermanfaat sebagai pangan kehidupan sehari-hari dengan tekstur halus dan agak keras, serta rasa gurih. Dr. Been Kogoya, SP, MMA, seorang peneliti mengatakan buah ini berkhasiat untuk menyembuhkan asam urat, dan kolesterol.

  1. Rabon Bi

(©bintang)

Rabon bi di papua disebut keben, dimana bagian luarnya terdiri dari kulit berserabut sedangkan didalamnya ada tempurung, didalam tempurung ada sebutir biji yang keras, berlendir serta berwarna putih. Buah ini memiliki khasiat yang dapat menyembuhkan berbagai jenis sakit mata seperti rabun jauh, rabun dekat, silindris, dan katarak.

  1. Bitangur

(©ghausstudy)

Buah kali ini tidak untuk dikonsumsi namun, Bintangur cukup biasa dengan wujud bulat hijau nan bergerombolnya. Buah ini tidak untuk dimakan atau dijadikan obat, namun digunakan untuk fungsi lain. Buah ini ternyata mengandung minyak yang bisa dipakai sebagai bahan bakar. Cara pembuatannya sendiri sangat mudah, hanya perlu dikeringkan lalu disaring sampai minyaknya keluar. Buah ini sendiri begitu banyak di Papua dan tak mengenal musim juga. Cocok dipakai saat BBM mulai langka di Papua.

Itulah beberapa buah khas Papua yang memiliki khasiat menarik, jika anda tertarik untuk mencoba tidak ada salahnya untuk berkunjung ke sana.


Sumber:kabarpapua. goodnewsfromindonesia. jadiberita.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga23%
Pilih SedihSedih2%
Pilih SenangSenang9%
Pilih Tak PeduliTak Peduli6%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi19%
Pilih TerpukauTerpukau40%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Dari Tari Lenso Yang Indah Hingga Bambu Gila Yang Menegangkan, Inilah 5 Tari Tradisional Khas Maluku Sebelummnya

Dari Tari Lenso Yang Indah Hingga Bambu Gila Yang Menegangkan, Inilah 5 Tari Tradisional Khas Maluku

Tren Sepekan: STNK Becak, Embun Upas, dan Robot Wisuda Selanjutnya

Tren Sepekan: STNK Becak, Embun Upas, dan Robot Wisuda

sahrul firmansya
@sahrulfirmansya_

sahrul firmansya

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.