Tim Robotika ITS Sukses Bawa Pulang 19 Penghargaan dari Taiwan

Tim Robotika ITS Sukses Bawa Pulang 19 Penghargaan dari Taiwan

Tim Robot ITS borong 19 penghargaan di Taiwan. | sumber : Siedoo

Sepertinya anak bangsa mulai serius dengan hal-hal robotik, digitalisasi, dan Artificial Inteligent. Kabar terbaru, Tim robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya sukses meraih 19 penghargaan di ajang FIRA RoboWorld Cup 2018 di Taiwan, yang berlangsung selama enam hari dan berakhir Minggu (12/8/2018).

Ada tiga tim robot, yaitu tim Ichiro (robot berkaki) yang bertanding pada kategori FIRA Humanoid Robot Cup (HuroCup), tim Iris (robot beroda) yang bertanding pada kategori FIRA Roboshot, dan Tim Bayu Caraka (robot terbang) yang bertanding pada kategori FIRA Air.

Tim Iris dan Bayu Cakra rupanya baru kali pertama mengikuti kompetisi tersebut. Mereka mengalami kesulitan selama pertandingan. Kesulitan dalam pertandingan karena ternyata robot yang bertanding rata-rata memiliki berat yang jauh lebih berat dibanding robot Iris. Dan ternyata sebagian besar robot memanfaatkan keistimewaan itu untuk mendorong robot lain. Akibatnya, robot kurang bisa bersaing dengan tim lain.

"Untuk tim Bayu Cakra yaitu tim robot terbang andalan ITS ini melakukan kesalahan pemilihan sensor yang digunakan. Namun ternyata sensor tersebut tidak cocok digunakan untuk mendeteksi objek-objek dalam lomba," ujar pembina tim robotika ITS Surabaya, Muhtadin, yang dikutip dari Laman TribunNews.

Dikutip dari Siedoo.com, Muhtadin juga mengaku bahwa tim robot terbang andalan ITS ini melakukan kesalahan pemilihan sensor yang digunakan. Ketika lomba ternyata sensor tersebut tidak cocok digunakan untuk mendeteksi objek-objek dalam lomba.

Kesalahan-kesalahan yang terjadi ini selalu menjadi pembelajaran untuk kesuksesan di masa mendatang.

Total ada 19 penghargaan yang mereka raih.

19 Penghargaan yang berhasil diraih oleh Tim Robotika ITS di antaranya disumbang oleh Ichiro Kidsize Team 1 sebagai Juara 2 mini DRC, Juara 2 obstacle run (halang-rintang), Juara 1 united soccer, Juara 1 sprint, dan Juara 3 All Round. Untuk Ichiro Kidsize Team 2 memperoleh Juara 2 marathon, Juara 3 obstacle run, Juara 2 united soccer, dan Juara 2 sprint.

Tim Ichiro Adultsize juga tak mau kalah. Tujuh penghargaan yang berhasil diraihnya yaitu Juara 1 marathon, Juara 2 mini DRC, Juara 1 obstacle run, Juara 1 penalty kick, Juara 2 sprint, Juara 2 weightlifting (angkat berat), dan Juara 3 All around. Sedangkan Tim Iris Pro Roboshot mendapatkan tiga piala yaitu Juara 3 Localization challenge, Juara 3 obstacle avoidance challenge, dan Juara 1 passing challenge.

Sumber : TribunNews, Siedoo.

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang50%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Inilah 9 Fakta Mengenai Asian Games! Sebelummnya

Inilah 9 Fakta Mengenai Asian Games!

Sepak Terjang Perjalanan Cukur Rambut Asgar Selanjutnya

Sepak Terjang Perjalanan Cukur Rambut Asgar

Akhina Z
@fachrezy

Akhina Z

Writer

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.