Soekarno, Sate Ayam, dan Kemerdekaan

Soekarno, Sate Ayam, dan Kemerdekaan
info gambar utama

Kemerdekaan bangsa ini menjadi salah satu momen yang diimpikan banyak pihak. Masyarakat Indonesia bersorak-sorak, bergembira atas kemerdekaan yang diraih dengan penuh tumpah darah.

Tujuh belas agustus pun menjadi hari sakral yang membuat Indonesia berupaya penuh untuk menghargai tanggal tersebut. Sebab di hari itulah Indonesia berhasil memerdekakan diri dari belenggu penjajahan yang menyengsarakan banyak kalangan.

Sampai di hari ini, masyarakat Indonesia terus melakukan berbagai kegiatan juga perayaan dalam memperingati kemerdekaan. Lomba tujuh belasan serentak dilakukan di berbagai wilayah. Namun siapa sangka, di balik hari kemerdekaan yang penuh suka cita tersebut ada satu momen unik yang terjadi tepat sehari setelah kemerdekaan dikumandangkan. Kisah menarik tersebut pun justru dilakukan oleh presiden pertama Republik Indonesia yakni Ir Soekarno.

Dilansir melalui Gramedia, sehari setelah kemerdekaan Republik Indonesia yakni di tanggal 18 Agustus Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) menetapkan Soekarno sebagai Presiden RI dan Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden RI pertama.

Dwitunggal, Soekarno-Hatta yang Disahkan Menjadi Presiden dan Wakil Presiden Pertama RI | Sumber dok: Berita Liputan
info gambar

Menariknya, setelah ditetapkan menjadi orang nomor satu di negeri ini Presiden Soekarno mempunyai perintah pertama yang tidak terduga. Perintahnya pun bukan lah membentuk kabinet, mempersiapkan rapat, ataupun menetapkan kebijakan penting yang berkaitan dengan struktur pemerintahan, perintah pertamanya ialah memesan 50 tusuk sate ayam.

Kabarnya, kala itu saat perjalanan pulang Soekarno melihat pedagang sate yang sedang menjajakan dagangan. Tanpa pikir panjang, ia langsung memerintahkan tukang sate tersebut untuk membuat 50 tusuk sate. Rupanya 50 tusuk sate tersebut merupakan kudapan yang ditujukan untuk dirinya sendiri. Ia pun memilih untuk langsung memakan sate tersebut dengan berjongkok di pinggir parit.

Sate Ayam Dipilih Soekarno Untuk Menjadi Santapan Usai Disahkan Sebagai Presiden, Tepat Sehari Setelah Kemerdekaan | Sumber dok: Roso Daras
info gambar

Kisah itulah yang masih terus membekas hingga saat ini di beberapa orang, mengenai hadirnya sate yang melingkupi hari kedua kemerdekaan yang direngkuh bangsa ini, yang tentunya berhubungan langsung dengan presiden pertama RI. Konon masih banyak hal juga kisah unik lainnya yang terukir pada peristiwa kemerdekaan Republik Indonesia yang menarik untuk diceritakan lagi dan lagi.

Di balik itu semua, marilah kita senantiasa mengingat juga mengenang jasa para pahlawan yang telah memberikan banyak perjuangan demi bangsa ini.

Jayalah Indonesia!


Sumber: Gramedia

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini