Sehat Jiwa Raga Suporter Indonesia

Sehat Jiwa Raga Suporter Indonesia
info gambar utama

Indonesia menjadi tuan rumah pada Asian Games 2018 ini, tepatnya tanggal 18 agustus akan dimulai suatu pertandingan yang bergengsi sewilayah asia yang bertempat di Jakarta dan Palembang. Indonesia akan menjadi sorotan utama dari berbagai negara khususnya bagi negara yang terlibat dalam Asian Games.

Semua masyarakat Indonesia terlibat dalam menjadi suporter untuk mendukung para pemain Indonesia agar memenangkan pertandingan asian games ini. Dengan adanya suporter pertandingan akan jauh lebih hidup dan dapat meningkatkan semangat para pemainnya. Suporter tidak hanya orang yang datang ke tempat pertandingan untuk memberi semangat kepada pemain tetapi semua masyarakat Indonesia menjadi suporter untuk menyemarakkan asian games ini dengan penuh semangat.

Menjadi suporter untuk menyemarakkan asian games perlu adanya kesehatan jiwa dan raga. Dimana kesehatan tersebut sangat dibutuhkan untuk mengontrol tindakan-tindakan baik yang dapat memberi semangat kepada para pemain bukan malah berbuat tindakan-tindakan yang tidak pantas.

Sebagai tuan rumah yang baik, bangsa Indonesia harus menunjukkan jika Indonesia merupakan negara yang berbudi luhur dibuktikan dari suporter yang berperilaku baik karena memiliki kesehatan jiwa dan raga yang optimal.

Sehat yaitu suatu keadaan dimana terjadinya keseimbangan antara jiwa dan raga. Orang yang berbadan segar bugar belum tentu dikatakan sehat jika jiwanya bermasalah. Begitu juga dengan orang yang jiwanya sehat tetapi raganya tidak bugar tidak disebut sebagai sehat. Jadi kesehatan jiwa dan raga selalu menjadi satu kesatuan yang utuh yang harus dimiliki oleh Bangsa Indonesia

Sehat raganya berarti mempunyai kekuatan tubuh untuk terus mendukung indonesia sampai asian games ini berakhir. Suporter harus selalu bersemangat dan jangan lemah dalam mendukung indonesia dalam pertandingan asian games, jika suporternya lemah bagaimana pemainnya?. Para pemain sangat membutuhkan dukungan dari suporter indonesia, hal tersebut berdampak pada performa dari pemainnya, terlebih saat suporter mendukung langsung di tempat permainan. Untuk mendukung tim indonesia dibutuhkan badan/raga yang kuat sehingga bisa memberi dukungan pada indonesia seperti memberikan yel-yel, menyanyikan lagu kebangsaan, bertepuk tangan pada beberapa pertandingan, hadir di tempat pertandingan.

Tapi yang harus ditekankan di sini adalah raga yang sehat tidak berarti bebas untuk berperilaku seenaknya seperti membuat kegaduhan dengan melempar benda-benda seperti botol, batu atau sebagainya, melakukan kekerasan kepada suporter tim lawan dan merusak fasilitas umum. Hal tersebut dapat membuat nama indonesia buruk di mata negara lain sehingga warga negara lain enggan untuk datang ke indonesia lagi. Perilaku anarkisme harus ditiadakan demi mewujudkan Indonesia yang suportif dan damai dalam pertandingan.

Perilaku anarkis dapat dihindari dengan memiliki jiwa yang sehat, dimana Jiwa yang sehat mempengaruhi tindakan seseorang, tindakan yang baik tumbuh dari jiwa yang baik. Dalam bertindak seseorang dapat dengan mudah mengatur keinginannya sesuai dengan apa yang diperintahkan otak dan hati. Dengan jiwa yang sehat semua tindakan akan dalam koridor yang baik. Tunjukkan jika bangsa indonesia patut di contoh karena kesopanannya, keramahannya, kedamaiannya dan tidak ada perilaku yang menyimpang di Indonesia ini

Dalam pertandingan jika suporter memiliki jiwa yang sehat maka tidak akan ada anarkisme karena suporter dapat dengan mudah mengatur emosinya. Apapun hasil pertandingannya nanti suporter senantiasa berlapang dada, menghargai suporter dan tim lain yang ikut bertanding. Suporter Indonesia akan bermain sportif tanpa menyakiti suporter atau tim lain yang sedang bertanding.

Jiwa yang sehat dapat mendukung kesehatan raga, semua perilaku yang akan dijalankan dalam sehati-hari di atur oleh jiwa. Orang yang memiliki kesehatan jiwa dan raga senantiasa berperilaku baik dan memiliki nilai moral yang tinggi. Untuk itu kesehatan jiwa raga sangat dibutuhkan oleh suporter indonesia yang akan selalu mendukung tim indonesia di asian games ini tanpa adanya anarkisme maupun perkataan yang kurang baik sehingga dapat menjelekkan citra Indonesia . Untuk itu dalam asian games ini bangsa indonesia harus menunjukkan kalau bangsa indonesia sehat secara jiwa dan raga sehingga negara lain sangat mengagumi indonesia karena kedamaiannya dan keramahannya. Indonesia akan di kenal sebagai negara yang bermoral.



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini