Kapan Jalan Tol Solo - Jogja Mulai Dibangun? Ini Jawabnya

Kapan Jalan Tol Solo - Jogja Mulai Dibangun? Ini Jawabnya
info gambar utama

Pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo bakal segera dimulai dan dibangun tahun depan. Tahun ini proses tender akan dilakukan. "Tahun depan harus sudah dibangun. Tahun ini (tol Yogyakarta-Solo) mesti ditender karena pemrakarsanya kan sudah disetujui," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, beberapa waktu lalu.

Pemerintah memang ingin menghubungkan wilayah Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar) dengan tol. Di antara jalur yang akan dibangun yakni jalur Semarang-Bawen- Secang-Borobudur-Yogyakarta, dan jalur Yogyakarta-Solo.

Namun sebagai tahap awal, lanjut Basuki, pembangunan tol Yogyakarta-Solo akan didahulukan. Sementara tol Semarang-Bawen- Secang-Borobudur-Yogyakarta menyusul. Pembangunan tol Semarang-Bawen-Secang-Borobudur-Yogyakarta akan menyusul setelah pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo dikerjakan."Belum, belum. Itu (pembangunan tol Yogyakarta-Magelang) belum," tutup Basuki.

Sementara konsep tol Yogyakarta-Solo yang akan dikerjakan tahun depan elevated atau melayang. Konsep tersebut adalah hasil kesepakatan sejumlah pihak terkait. "Yogyakarta ini sudah sempit, kalau pembebasan lahan tambah berapa hektare nanti (tanah) hilang. Ini dia (konsep tol Yogyakarta-Solo) di jalan nasional, di atas. Kayak di Jakarta-Cikampek," tutup Basuki.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini