5 Produksi Bunga dan Daun Potong dari Kabupaten Sukabumi

5 Produksi Bunga dan Daun Potong dari Kabupaten Sukabumi
info gambar utama

Secara geografis Kabupaten Sukabumi memiliki luas hingga 4.162 Km2, beberapa jenis bunga hias yang diproduksi oleh petani asal Kabupaten Sukabumi, Jawabarat mampu menembus pasar dalam dan luar negeri.

Salah satu bunga yang menjadi andalan Kabupaten Sukabumi adalah Bunga Krisan yang memiliki nama ilmiah Crysantemum. Tidak hanya Bunga Krisan saja yang diproduksi oleh Kabupaten Sukabumi, berikut ini beberapa jenis tanaman yang diproduksi Kabupaten Sukabumi untuk memenuhi pasar domestic dan internasional.

  1. Anggrek

(©tanamanhiasan)Bunga dengan nama ilmiah Orchidaceae, adalah salah satu tumbuhan berbunga yang memiliki banyak anggota jenis. Di Kabupaten SUkabumi salah satu jenis anggrek yang dikembangbiakkan adalah jenis dari Genus Dendrobium, Cattleya, Vanda, Phalaenopsis. Banyak yang menjadikan tamanan Anggerk ini menjadi hiasan di taman, halaman rumah, dan lain-lain.

  1. Krisan

(©manfaat33)

Chrysanthemum adalah nama ilmiah dari bunga krisan atau yang lebih dikenal dengan nama Bunga Seruni. Negara Jepang adalah negara yang mengimpor Bunga Krisan karena masyarakat Jepang memiliki kebiasaan minum the yang dicampur dengan bunga krisan karena the bunga krisan yang memiliki banyak manfaat seperti; menjaga kekebalan tubuh, menurunkan demam, menghilangkan jerawat, dan lain-lain.

  1. Sedap Malam

(©penjualbungacirebon)

Dinamakan Bunga Sedap Malam karena bunga ini biasanya hanya mekar ketika malam tiba, dan nama sedap malam yang artinya bunga dengan aroma harum di malam hari. Bunga ini biasanya dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki bau harum yang khas dan memiliki aneka warna yang menarik. Bunga Sedap Malam memiliki banyak sekali manfaat seperti; bahan campuran masakan, campuran parfum, mencegah terjadinya anemia, mencegah insomnia, dan lain-lain.

  1. Philondendron

(©planten-kopen)

Memiliki manfaat membantu peningkatan kesehatan tubuh manusia. Karena, Philodendron dapat menyerap zat beracun Formaldehida, yang diasilkan oleh perabotan rumah tangga. Furniture kayu particle board, karpet, produk berbahan kertas, bahan pembersih, resin, minyak tanah, dan asap rokok. Nama latin tanaman ini adalah Philodendron bipinnatifidum, atau Philodendron selloum sering dijadikan sebagai hiasan taman dan pekarangan.

  1. Anthurium

(©pixabay)

Hal yang menarik dari Anthurium adalah pada bentuk daunnya yang indah, unik, dan bervariasi. Daun ini memiliki warna hijau tua dengan uran dan tulang daun besar dan menonjol, dulunya tanaman ini juga dikenal dengan Tanaman Para Raja karena menjadi hiasan taman dan istana kerajaan-kerajaan di Jawa. Dibedakan menjadi dua jenis yaitu anthurium daun dan anthurium bunga.

Itulah jenis-jenis tanaman yang merupakan budidaya dari Kabupaten Sukabumi. Cobalah menanam beberapa perkarangan untuk menghiasi taman anda.


Sumber:

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini