Film Pendek Karya Anak Bangsa Tembus Festival Film di California

Film Pendek Karya Anak Bangsa Tembus Festival Film di California
info gambar utama

Film pendek karya anak bangsa tembus ajang festival film bergengsi di Amerika, La Jolla International Fashion Film Festival 2018, pada Juli lalu di La Jolla, San Diego, California.

Bercerita tentang kain tradisional dan budaya Karo dari Sumatera Utara, film pendek dari Indonesia yang berjudul "Uis Nipes" yang berdurasi empat menit karya Karina Soerbakti ini berhasil memperoleh empat nominasi untuk kategori Best Cinematography, Best Jewelry, Best Accessories, dan Best Music.

Melalui film ini Karina ingin lebih mempopulerkan budaya Karo, kampung halamannya, dan Uis Nipes. "Memang aslinya aku orang Karo biarpun aku nggap pernah tinggal di sana, tapi ayahku lahir di sana. I find it as a way to reconnect back to my roots. Aku juga merasa kenapa banyak orang yang nggak tahu tentang Karo dan Uis Nipes, tahunya hanya Batak dan Ulos. Aku pengen orang lebih tahu tentang my culture," Imbuhnya.

Dari empat nominasi yang tersebut, "Uis Nipes" berhasil memperoleh satu penghargaan yaitu untuk kategori "Best Music".

"Surprise banget sih karena aku merasa dapat nominasi empat aja sudah luar biasa bangetkan untuk film pertama saya, tapi ternyata malam ini bisa bawa piala pulang lebih luar biasa sekali sih menurut saya," kata Karina yang dikutip dari VOA Indonesia.

Pemilihan musik tradisional Karo bergaya klasik adalah keputusan yang tepat. "Sebenarnya ini tuh lagu yang sudah lama banget, it’s like very old klasik tradisional musik Karo banget dan nadanya tuh kayak sedih tapi sebenarnya lagu yang meaningnya happy, jadi kita merasa, ini dramatic banget dan kayaknya cocok deh sama mood film kita, because we want it to be grand dan dramatic at the same time. So that’s why we choose this soundtrack."

"Harus banyak banyak riset tentang film, harus banyak nonton film juga, dan bergaul dengan orang orang film," pesan dari Karina bagi filmmaker di Indonesia yang ingin menembus festival film internasional.

Sumber : Liputan6

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini