Elemen-Elemen Penting Dalam Konsep Opening Asian Games 2018

Elemen-Elemen Penting Dalam Konsep Opening Asian Games 2018
info gambar utama

Pada tanggal 18 Agustus 2018 adalah tanggal diadakan Opening Asian Games 2018 yang dibuka langsung oleh President RI yang ke-7 Joko Widodo dan didampingi oleh Wakilnya Jusuf Kalla, Pembukaan Asian Games 2018 mendapatkan banyak pujiann yang mengalir karena konsep yang disajikan sangat memukau. Penampilan pertama yang disajikan adalah Tari Ratoh Jaroe yang berasaldari Aceh yang tarikan oleh kurang lebih 1600 pernari dari siswa SMA se-DKI Jakarta.

Dibalik penampilan di Pembukaan Asian Games 2018 disuguhkan beberapa segemn elemen di panggung raksasa yang memiliki latar gunung berapi, air terjun dan tanah hijau. Inilah elemen-elemen yang menggambarkan kekayaan alam Indonesia;

  1. Air

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Lautan di Indonesia sangatlah luas dan memiliki banyak kekayaan alam yang disajikan, panggung dipenuhi dengan para penampil yang membawa kain berwarna biru sehingga menyerupai lautan, lengkap dengan ikan dan kapal laut, dimulai dengan Samudra yang bergejolak, merepresentasikan konfil pada masa awal sejarah Indonesia, kemudian air hadir menjadi penyatu menenangkan gejolak dan membawa kedamaian bagi semua pulau.

  1. Bumi

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Bumi di Indonesia juga kaya akan keberagaman budaya, sukum ras, dan agama. Representasi tradisi dalam segmen ini bertujuan mengemas ragam budaya dalam tarian ritual dan tarian perang, keindahan Indonesia dilambangkan dalam gerakan yang menggambarkan ragam budaya, warna, ekspresi dan perspektif yang terjaga hingga ke masa kini.

Serta nyanyian lagu-lagu daerah yang dinyanyikan oleh musisi ternama seperti Rossa,GAC, Kamasean, dan Edo Kondologit dengan lagu Manuk Dadali, Ampar-ampar pisang, Sipatokaan, dan Apuse.

  1. Angin

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Suasana tenang dan syahdu dalam elemen angin, lengkap dengan properti bulan dan nyanyian merdu dari Putri Ayu yang menyanyikan lagu Melati suci, dan tarian penari yang berkostum berwarna putih, dan dentingan piano Joey Alexander yang membawakan lagu Gending Sriwijaya. Mencerminkan para leluhur bangsa Indonesia yang memiliki kebijaksanaan, kekuatan dan nasionalisme yang tinggi. Angin digambarkan sebagai kekuatan yang tumbuh dan menyebarkan daya hidup, mewariskan nilai-nilai bangsa dari satu generasi ke generasi selanjutnya.

  1. ApiKeterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Api adalah perlambangan keberanian dan semangat dalam berkompetisi bangsa Indonesia, api dan lava menghidupkan jiwa raga bangsa yang berakar pada bumi. Api akan menjadi semangat dan inspirasi para pejuang olahraga, menyorakkan mereka menuju ke kemenangan di Asian Games 2018. Di iringi dengan tarian yang memperlihatkan atraksi dengan bola api, dan estafet obor untuk menyalakan api besar di puncak gunung di GBK. Estafet itu dilakukan oleh banyak atlet-atlet yang pernah menyumbang emas, salah satunya adalah Susi Susanti.


Sumber:asiangames2018

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini